Sukses

Tak Rayakan Idul Adha, Suka Duka Volunteer Asian Games 2018 di Palembang

Volunteer di Palembang berbagi cerita tak bisa rayakan hari raya Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta - Event Asian Games 2018 dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018 bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1439 Hijriah yang jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018.

Di tengah perayaan hari raya Kurban, ternyata para volunteer Asian Games 2018 di Palembang yang berasal dari luar Sumatera Selatan (Sumsel), tidak bisa merayakannya bersama keluarga di kampung halamannya.

Mereka masih harus menjalankan tugasnya sebagai panitia Asian Games di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang hingga tanggal 5 Agustus 2018 mendatang.

Kesedihan tidak bersama keluarga dirasakan Liana Parasmita, Volunteer Media Center di Venue Tennis Center JSC Palembang. Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Universitas Sumatera Utara (USU) ini baru pertama kali tidak merayakan hari raya Kurban bersama keluarganya.

"Sedih jauh dari keluarga di Hari Raya Idhul Adha tahun ini, biasanya ibu saya masak daging tiap lebaran. Tapi tahun ini saya tidak bisa menikmati suasana tersebut," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (21/8/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Uang Sendiri

Dia juga baru pertama kali datang ke Palembang, karena lolos sebagai volunteer Asian Games 2018. Untuk bisa mengikuti seleksi voluunter, Liana merogoh uang saku sendiri untuk terbang ke Palembang.

Rahmawati Saadiah, Volunteer Bidang Broadcast Asian Games 2018 juga merasakan jauh dari orang tua saat perayaan Idhul Adha 1439 Hijriah. Gadis asal Lampung ini merayakan Kurban pertama kali di Palembang.

"Ada perasaan sedih juga, tapi orang tua tetap mendukung saya. Karena ini juga pengalaman baru bagi saya sembari menunggu tamat kuliah," katanya.

Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) ini melakukan shalat Idhul Adha bersama rekan-rekan volunteer di Masjid Agung Palembang.

3 dari 3 halaman

Jadwal Padat

Meskipun baru pertama datang ke Palembang, namun gadis berhijab ini merasakan nyaman saat menjalani tugasnya sebagai panitia Asian Games 2018.

Ayu Puteri, Volunteer di Venue Tennis Center JSC Palembang mengatakan, jadwal kerja saat perhelatan Asian Games 2018 tidak memungkinkan baginya dan rekan-rekan seprofesi untuk bisa bersilaturahmi ke rumah keluarganya di saat Idhul Adha.

"Belum dapat jadwal dari Venue Manager, tapi mungkin kami merayakan bersama-sama di venue saja bersama teman-teman. Yang penting bisa shalat bersama keluarga di rumah,” ujar gadis asal Palembang ini. (Nefri Inge)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.