Sukses

5 Hari Besar Islam Beserta Jadwalnya pada 2024

Pada peringatan hari besar itu, umat Islam akan meningkatkan spiritualitas, memupuk rasa solidaritas dan persaudaraan di antara umat muslim.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap umat beragama di dunia ini pasti akan memperingati hari besar keagamaannya masing-masing. Begitu juga dengan umat Islam yang memperingati hari besar umat Islam.

Mengetahui jadwal hari besar Islam dapat membantu umat Muslim untuk merencanakan ibadah dan merayakan momen-momen penting dalam keyakinan.

Pada peringatan hari besar itu, umat Islam akan meningkatkan spiritualitas, memupuk rasa solidaritas dan persaudaraan di antara umat muslim.

Berikut ini rangkuman hari besar umat Islam beserta jadwal perayaannya pada 2024 yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Idul Fitri

Idul fitri sering disebut dengan hari kemenangan umat Islam. Alasan dari pada itu lantaran umat muslim telah melewati puasa selama bulan Ramadan.

Saat hari Idul Fitri tiba, umat muslim melaksanakan ibadah salat Idul Fitri pada pagi harinya. Setelah itu, dilanjutkan dengan menyambung silaturahmi dan saling memaafkan ke rumah kerabat, tetangga dan yang lainnya.

Lebaran Idul Fitri pada tahun ini jatuh pada tanggal 10-11 April 2024.

2. Idul Adha

Idul Adha adalah hari raya umat Islam yang kedua setelah Idul Fitri. Masyarakat menyebut hari raya Idul Adha dengan lebaran haji atau hari raya kurban.

Karena hari raya ini adalah peringatan peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim sebagai bentuk kesetiaan dan pengorbanan kepada Allah. Jadi, seorang muslim, orang yang mampu, dan telah balig akan berkurban.

Berkurban juga tidak diwajibkan, hanya tiga kategori di atas saja yang diwajibkan. Peringatan hari raya Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tahun Baru Hijriah

Tahun baru Hijriah dikenal juga dengan sebutan tahun baru Islam untuk memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW.

Tahun Ini menggunakan rotasi dan peredaran Bulan sebagai patokannya. Inilah yang membedakannya dengan penanggalan masehi, yang patokannya matahari.

Tahun Hijriyah terdiri dalam 12 bulan, diawali dengan bulan Muharram hingga Zulhijah. Tahun baru Hijriah jatuh pada hari Minggu, 7 Juli 2024.

4. Maulid Nabi Muhammad SAW

Hari besar umat Islam selanjutnya adalah maulid Nabi Muhammad SAW. Hari besar ini merupakan peringatan hari lahirnya nabi Muhammad SAW.

Ia lahir pada 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Perayaan maulid nabi tahun ini jatuh pada tanggal 16 September 2024.

5. Isra Mi'raj

Terakhir, Isra Mi'raj. Hari besar umat Islam ini merupakan peringatan atas peristiwa mukjizat Nabi Muhammad SAW berupa perjalanan ke langit ketujuh yang terjadi dalam satu malam.

Umat muslim dapat melakukan salat sunah sebanyak 12 rakaat, yang dilaksanakan dengan salam setiap dua rakaat untuk memperingati Isra Mi'raj. Perayaan Isra Mi'raj tahun ini jatuh pada tanggal 8 Februari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.