Sukses

Aksi Teatrikal dan Koreografi Pukau Opening Ceremony Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, opening ceremony Asian Games 2018 diramaikan dengan aksi teatrikal dan koreografi dalam berbagai segmen di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam WIB.

Koreografi pertama di pembukaan Asian Games 2018 dari segmen air dengan menampilkan masa kejayaan Majapahit, yang mengingatkan kita sebagai masyarakat bahari dengan wilayah terluas di zamannya. Koreografi dan kostum segmen air dipersembahkan Deni Malik dengan total 400 penari.

Kemudian ada segmen bumi yang menampilkan 467 penari. Segmen ini menghadirkan berbagai tarian daerah- daerah dari Indonesia.

Terdapat 19 tarian yang dibawakan dalam segmen bumi. Koreografi berasal dari Eko Supriyanto dan kostum dalam segmen ini dipersembahkan Rinaldi Yunardi.

Segmen api menjadi aksi selanjutnya di upacara pembukaan Asian Games 2018. Segmen api menunjukkan semangat generasi muda Indonesia yang membara untuk menjadi yang terbaik.

Segmen ini terinspirasi dari spirit of kecak dan koreograsinya dari Eko Supriyanto, sedangkan kostum berasal dari Rinaldi Yunardi. Total menampilkan 475 penari.

*Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini.

2 dari 3 halaman

4 Segmen

Segmen angin pada aksi berikutnya mencerminkan para leluhur bangsa Indonesia, yang memiliki kebijaksanaan, kekuatan dan nasionalisme yang tinggi. Di segmen ini, angin digambarkan sebagai kekuatan yang tumbuh dan menyebarkandaya hidup, mewariskan nilai-nilai bangsa dari satu generasi ke generasiberikutnya.

Penata tari di segmen ini yakni Deni Malik. Kemudian pengarah musiknya adalah Addie MS.

Segmen Energy of Asia menjadi penutup dalam aksi teatrikal dan tarian di pembukaan Asian Games 2018. Segmen ini menggambarkan generasi muda bangsa yang sadar akan kekuatan keberagaman dan kesatuan, tetapi tetap membuka diri untuk belajar dan berkolaborasi dgn ragam dari luar sebagai spirit energy of asia.

3 dari 3 halaman

Tuan Rumah

Segmen ini menampilkan 421 penari di mana koreografi dipersembahkan Eko Supriyanto dan kostum dari Rinaldi Yunardi.

Ajang Asian Games akan berlangsung dari 18 Agustus hingga 2 Septembe 2018. Jakarta-Palembang ditunjuk sebagai kota tuan rumah multievent olahraga terbesar di Asia ini.