Sukses

Basket Putri Asian Games 2018: Kalah Tak Bikin Indonesia Berkecil Hati

Timnas Basket Putri Indonesia mengincar kemenangan atas Kazakhstan pada laga kedua Grup A Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Basket Putri Indonesia tak berdaya menghadapi tim unifikasi Korea pada laga perdana Grup A Asian Games 2018. Meski begitu, mereka siap bangkit untuk mencuri kemenangan pada laga selanjutnya.

Laga perdana Grup A Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (15/8/2018), itu dihiasi dengan kemenangan Korea 108-40 atas Indonesia. Sejak kuarter pertama, perolehan poin Korea memang sudah tak terkejar.

Untuk pemain Indonesia, hanya ada tujuh pemain yang mampu mencetak poin. Penyumbang terbanyak adalah Nathasa Debby Christaline dengan 17 poin. Ia disusul Gabriel Sophia dengan 8 poin dan disusul Christine Aldora Tjundawan dengan 6 poin.

"Kami memang kalah, tapi harus tetap semangat karena masih ada game-game selanjutnya. Sebelumnya kami sempat sparring sama Korea. Mereka mainnya lebih cepat. Seharusnya kami belajar untuk mengantisipasi. Kami banyak kehilangan kesempatan untuk melakukan shooting, banyak turn over juga," ujar Sophia.

Menurut Sophia, ia dan rekan-rekannya memang sudah berpikir tak akan bisa menandingi kehebatan Korea. Maklum, tim unifikasi Korea saat ini dihuni dengan mayoritas pemain yang sempat meraih medali emas Asian Games 2018.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Optimistis

Sejak awal pun mereka tak menargetkan kemenangan atas Korea. Dua negara yang dijadikan mereka sebagai bidikan adalah Kazakhstan dan India. Indonesia akan menghadapi Kazakhstan pada Minggu (19/8/2018) dan India pada Kamis (23/8/2018).

"Bukannya berkecil hati. Kami sudah berpikir, berapa pun kalahnya, kami kalah sebagai tim dan menang sebagai tim. Untuk game selanjutnya kami harus tetap fight. Kami tak bisa terpuruk pada satu kesalahan saja. Kami harus optimistis," kata Sophia yang bernomor punggung 22 itu.

"Kami sudah melakukan yang terbaik. Kalau skornya jauh seperti itu, ya kita harus menerima saja. Kalau kalah, kami harus membantu satu sama lain. Kalau kami kalah strategi dan fisik, kami harus bantu rekan yang lain. Pemain lain juga sudah berjuang. Mereka lebih matang," ia menambahkan.

Klasemen Grup A

1. Korea: 1 / 1 / 0 / +68 / 2

2. Taiwan: 1 / 1 / 0 / +30 / 2

3. Kazakhstan: 1 / 0 / 1 / -30 / 1

4. Indonesia: 1 / 0 / 1 / -68 / 1

5. India: 0 / 0 / 0 / 0 / 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.