Sukses

Klasemen Sepak Bola Asian Games 2018: Vietnam dan Thailand Gemilang

Jakarta - Fase Penyisihan cabor sepak bola Asian Games 2018 menggelar enam laga dari tiga grup berbeda pada Selasa (14/8/2018). Tim-tim yang turun bertanding berasal dari grup B, C, dan D.

Grup B dibuka dengan pertandingan Uzbekistan kontra Bangladesh di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Uzbekistan menang 3-0 dalam laga tersebut berkat gol Zabikhillo Urinboev (23'), Dostonbek Khamdanov (57'), dan Ikromjon Alibaev (66'). 

Di pertandingan lain, Thailand sukses mengimbangi Qatar. Gol cepat Hazem Shehata di menit 6 sempat memunculkan harapan Qatar meraih 3 poin perdana.

Namun, wakil Asia Tenggara sukses memupus asa tersebut setelah Supachai Chaided menyamakan kedudukan pada menit 90+2.

Dengan hasil ini, Uzbekistan memuncaki klasemen sementara grup B Asian Games 2018 dengan 3 poin. Qatar dan Thailand menempati posisi 2 dan 3. Sementara, Bangladesh menempati posisi terbawah.

Dari grup C, China menang telak 6-0 atas Timor Leste. Dalam laga yang dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, China sudah unggul jauh pada babak pertama. Gol dicetak Zhang Yuning (4’), Zhang Yuan (20’), Gao Zhunyi (27’), Wei Shihao (33’), dan Yao Junsheng (36’) menutup paruh pertama dengan skor 5-0.

Pada babak kedua, China kembali menambah keunggulan saat laga baru memasuki menit 47. Gao Zhunyi mencetak gol keduanya pada laga ini. Sampai laga berakhir, skor 6-0 untuk China tidak berubah. Dengan hasil ini, China langsung melesat ke posisi pertama.

Di bawah China terdapat Suriah yang juga mendapat 3 poin perdana. Suriah menang tipis 1-0 atas Uni Emirat Arab dalam laga yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Sundulan dari Abdul Al Rahman Barakat menjadi satu-satunya gol pada laga tersebut.

2 dari 3 halaman

Sukses Vietnam

Beralih ke grup D, dua penalti gagal dari striker Vietnam, Nguyen Cong Phuong mewarnai laga Vietnam kontra Pakistan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Meski demikian, Vietnam sukses meraih 3 poin berkat kemenangan 3-0. Tiga gol Vietnam disumbang oleh Nguyen Quang Hai menit 21, Nguyen Van Quyet menit 41, dan Nguyen Cong Phuong di menit 72.

Sedangkan Jepang yang menjadi tim unggulan dalam cabor ini, hanya mampu menang 1-0 dari lawannya, Nepal. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Nepal, Mitoma Kaoru mencetak gol pembuka ke gawang Nepal.

Selepas gol tersebut, Rohit Chand dan kawan-kawan berusaha menyamakan kedudukan. Tapi, sampai akhir laga, Jepang tetap unggul 1-0 atas Nepal. Vietnam dan Jepang menempati posisi teratas grup D, namun Vietnam yang unggul kolektivitas gol berhak menempati posisi pertama. (Reynaldo Imanuel)

3 dari 3 halaman

Data Fakta Sepak Bola Asia Games 2018

Klasemen Grup B,C dan D Sepak Bola Asian Games 2018. (Bola.com/Dody Iryawan)

Hasil Pertandingan, Selasa (14/8/2018):

Grup B

Uzbekistan Vs Bangladesh 3-0

Thailand Vs Qatar 1-1

Grup C

China Vs Timor Leste 6-0

Uni Emirat Arab Vs Suriah 0-1

Grup D

Vietnam Vs Pakistan 3-0

Jepang Vs Nepal 1-0

Jadwal Pertandingan, Rabu (15/8/2018):

Grup A

Chinese Taipei Vs Hong Kong (Pukul 16.00 WIB)

Indonesia Vs Palestina (Pukul 16.00 WIB)

Grup E

Malaysia Vs Kyrgzstan (Pukul 16.00 WIB)

Bahrain Vs Korea Selatan (Pukul 19.00 WIB)

Grup F

Arab Saudi Vs Iran (Pukul 16.00 WIB)

Korea Utara Vs Myanmar (Pukul 16.00 WIB)

Pembaca Bola.com bisa menikmati pertandingan-pertandingan sepak bola Asian Games secara live streaming di situs Vidio.com dengan mengklik tautan ini atau memutar player di bawah ini khusus laga yang melibatkan Timnas Indonesia U-23.