Sukses

Kirab Obor Asian Games di Riau Ditandai FlyPast Jet Tempur

Kirab Obor Asian Games 2018 menyambangi Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kirab api obor Asian Games di Riau ditandai dengan flypast (terbang melewati tempat acara) enam jet tempur Fighting Falcon dan Hawk 100/200 Black Panther di Landasan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Kamis (2/8/2018). Lambang dari perhelatan olahraga antara negara di Asia ini lalu diarak menuju Kabupaten Siak.

Sebelumnya, api obor Asian Games ini tiba di Pekanbaru dengan pesawat Hercules C-130. Api dibawa Marsekal TNI Eko Dono sebagai pimpinan rombongan, lalu menyerahkannya ke Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Ronny Irianto.

Hercules ini mendarat pukul 15.40 WIB. Eko dan beberapa atlet pengiring api obor juga disambut dengan pencak silat khas melayu, lalu dilanjutkan dengan tarian penyambutan disertai daun sirih.

Kolonel Ronny lalu menyerahkan api obor ini ke Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman. Penyerahan inilah diiringi flypast enam jet tempur secara bergantian dalam satu putaran.

Sebelum flypast ini, enam jet tempur itu juga menyambut kedatangan Hercules sebelum mendarat. Hercules ini sebelumnya terbang dari Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, setelah api obor Asian Games ini menjalani kirab di sana.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Riau Bangga

Arsyad Juliandi Rachman kepada wartawan mengaku bangga karena Riau mendapat giliran melaksanakan pawai obor Asian Games. Apalagi api ini berada di Bumi Lancang Kuning selama dua hari.

Selain sebagai penghargaan, dia menyebut keberadaan api ini juga sebagai motivasi bagi pembinaan dan meningkatkan prestasi atlet di Riau.

"Mudah-mudahan ini memberikan semangat di Riau dalam mengembangkan olahraga serta sukseskan Asian Games," katanya.

3 dari 3 halaman

Jalur ke-27

Pria disapa Andi ini juga mengapresiasi TNI AU karena membawa api obor Asian Games 2018 ke berbagai daerah di Indonesia. Api ini lalu dibawanya memakai sebuah mobil untuk di antarkan ke Siak dari Pekanbaru.

Di Siak, api obor Asian Games akan diarak ke sejumlah tempat menarik dan situs budaya, salah satunya Istana Siak. Keesokan harinya, api ini kembali ke Pekanbaru lalu diarak ke sejumlah tempat hingga melanjutkan perjalanan ke Sumatera Barat.

Riau sendiri merupakan jalur ke-27 yang dilewati api obor Asian Games setelah start pada 15 Juli 2018 dari Delhi, India. (M Syukur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.