Sukses

Inasgoc: Tidak Ada Pembatasan Panitia Cabang Asian Games

Jumlah panitia cabang olahraga dalam setiap pertandingan Asian Games 2018 sebanyak 63 orang bukan batasan, melainkan parameter.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) menyebut jumlah panitia cabang olahraga dalam setiap pertandingan Asian Games 2018 sebanyak 63 orang bukan batasan, melainkan parameter.

"Jumlah 63 orang itu bukan pembatasan. Kami melihat struktur kepanitian setiap cabang olahraga apakah sudah sesuai dengan aturan standar biaya masukan lainnya (SBML) yang ditetapkan Kementerian Keuangan," tutur Deputi I Bidang Olahraga Inasgoc Harry Warganegara di Jakarta, Kamis (7/6/2018), seperti dikutip dari Antara.

Inasgoc, lanjutnya, akan menyesuaikan struktur kepanitian masing-masing cabang olahraga di Asian Games dengan kebutuhan jumlah panitia merujuk contoh struktur kepanitian dalam aturan standar biaya masukan lainnya.

"Dalam aturan SBML, itu tidak ada posisi manajer atau wakil ketua bidang. Maka, kami perlu membahas bersama setiap cabang olahraga terkait struktur kepanitian itu,"kata Harry.

Harry mengatakan panitia cabang olahraga tak perlu lagi menambah struktur atau bidang yang sudah ditangani Inasgoc, seperti bidang sukarelawan, keamanan, transportasi, liaison officer, katering, hingga doping.

"Kami terus berdiskusi dengan semua cabang olahraga setiap hari sehingga pada awal Juli 2018 semua struktur kepanitia sudah final dan tinggal mendapatkan penetapan surat keputusan panitia," ucapnya.

Harry menyontohkan pengurus cabang olahraga tinju tak membutuhkan panitia hingga 63 orang di Asian Games. "Mereka cuma butuh sekitar 40 orang. Tapi, ada juga cabang olahraga lain yang merencanakan panitia hingga 120 orang," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bulu Tangkis

Sebelumnya, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) akan menegosiasikan jumlah panitia cabang olahraga yang akan terlibat dalam pertandingan bulu tangkis Asian Games 2018.

"Kami diminta Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) untuk membatasi jumlah panitia pertandingan sebanyak 63 orang, selain ofisial teknis internasional dan lokal 77 orang," kata Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto.

Menurut Budiharto, pihaknya semula mengajukan jumlah panitia pertandingan cabang bulu tangkis sebanyak 114 orang selain ofisial teknis internasional dan lokal 77 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.