Sukses

Mengenal Cabor Jetski, Calon Pendulang Emas Asian Games 2018 Untuk Indonesia

Jetski merupakan salah satu cabang olahraga yang baru dipertandingkan di Asian Games.

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 akan mempertandingkan sejumlah cabang olahraga (cabor) baru, salah satunya jetski. Indonesia bertaruh mati-matian untuk mempertandingkan jetski ke Asian Games, Agustus mendatang.

Perjuangan Indonesia untuk memasukan jetski ke salah satu cabor yang dipertandingkan di Asian Games sudah sejak awal tahun 2016. Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Muddai Madang yakin jetski bisa menambah pundi-pundi emas Indonesia di Asian Games 2018.

Pasalnya, Indonesia memiliki Aero Aswar yang saat ini tercatat sebagai atlet jetski ke-11 terbaik di dunia, menurut situs p1aquax.com. Bila di kawasan Asia, Aero Aswar menjadi yang terbaik.

Aero pernah meraih gelar juara dunia di kelas Pro Runabout Stock pada ajang kompetisi jetski internasional World Finals yang digelar pada tanggal 12 Oktober 2014 di Lake Havasu, Arizona, Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, pria berusia 24 tahun itu pernah meraih juara umum dalam ajang seri P1 AquaX World Championship 2016 yang diselenggarakan di Pantai Laurderdalle, Florida, Amerika Serikat pada tahun 2016.

Dengan adanya Aero, target masuk 10 besar pengumpul medali Asian Games 2018 yang ditetapkan pemerintah bisa tercapai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Tinggi

Cabor jetski sendiri membidik target tinggi di Asian Games 2018. Mereka mengincar dua medali emas di multi event empat tahunan terbesar se-Asia tersebut.

Untuk meraih dua medali emas, Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA) mengirim atletnya ke Amerika Serikat untuk melakukan pemusatan latihan sejak 29 Februari hingga Juli 2018.

Untuk menghadapi Asian Games 2018, IJBA mengajukan dana ke pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebesar Rp 25 miliar. Hanya saja, apa yang diajukan tidak sepenuhnya dipenuhi sama dengan cabang olahraga lainnya.

Untuk persiapan atlet dan pendukungnya, jetski akhirnya hanya mendapatkan dana dari pemerintah sebesar Rp 12 miliar. Jika dilihat dari jumlah atlet yang hanya tiga orang, jumlah ini memang cukup besar. Namun, jika dihitung dengan peralatan dinilai masih kurang.

3 dari 3 halaman

Nomor Pertandingan

Cabor jetski Asian Games bakal dipertandingkan di Pantai Ancol, Jakarta mulai 23 hingga 26 Agustus 2018. Akan ada empat nomor yang dipertandingkan, yakni Endurance runabout open, Runabout 1100 stock, Runabout limited, dan Ski modified.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.