Sukses

Timnas Bridge Indonesia Juara CCBA Open Team

Ini menjadi bukti timnas Bridge Indonesia layak tampil di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional (Timnas) Bridge Indonesia keluar sebagai juara CCBA Open Team yang berlangsung di Tiongkok pada 16-19 April 2016, setelah mengandaskan perlawanan tim Israel di babak final.

Tim “Merah Putih” diperkuat oleh pasangan juara dunia 2014 Henky Lasut/Eddy Manoppo serta dua pasangan hasil seleksi nasional (seleknas) Jemmy Bojoh/Paulus Sugandi dan Leslie Gontha/Stefanus Supeno.

Baca Juga

  • Barcelona Jawab Rumor Neymar Gabung MU
  • Mesra Saat Berfoto, Inikah Pacar Rio Haryanto?
  • MU Pepet Arsenal Usai Taklukkan Palace

Indonesia sukses merebut juara setelah menyingkirkan 112 peserta yang datang dari berbagai negara Eropa dan Asia. Di fase semifinal, Timnas Bridge Indonesia berhasil mengalahkan ZJHL Bridge Club asal Tiongkok dengan 95-65 imp dan kemudian unggul atas Israel dengan 45-38 imp di babak final yang digelar pada Selasa (19/4.2016).

Dengan demikian, Henky Lasut dan kawan-kawan berhak membawa pulang medali emas serta hadiah utama RMB 120 ribu atau setara dengan Rp 243 juta.

Ketua Umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesai (PB GABSI) Ekawahyu Kasih menyampaikan apresiasinya terhadap keberhasilan Timnas Indonesia. Menurutnya, hasil tersebut bisa menjadi bukti bahwa Indonesia mampu menjadi yang terbaik, bukan saja di kawasan Asia tetapi juga dunia.

“Hasil ini membuktikan bahwa bridge bisa meraih 7 medali emas di SEA Games 2017 dan 5 emas di Asian Games 2018, memiliki dasar rekam jejak yang akurat. Kami tidak begitu saja menetapkan target, melainkan sudah memperhitungkannya secara matang sesuai dengan kajian berdasarkan pada performa pelatih, atlet serta program-program PB GABSI,” katanya seperti rilis yang diterima media.

Keberhasilan di CCBA Open juga tak lepas dari keputusan Ketua Dewan Pembina PB GABSI Michael Bambang Hartono, lanjut Ekawahyu,untuk melakukan bongkar-pasang pasangan dari klub bridge Djarum yang akhirnya berbuah manis dengan diraihnya juara CCBA Open Team.

"Kami berharap pemerintah bisa menghargai kerja keras kami sejauh ini dengan bisa dipertandingkannya bridge di Asian Games 2018. Karena itu menjadi cita-cita dan impian bagi seluruh masyarakat bridge Tanah Air,” ucap pelatih Timnas Indonesia Munawar Sawirudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.