Sukses

Masyarakat Bali Ingin Produknya Terkenal Setelah Gelaran APEC

Bali yang berperan sebagai lokasi diselenggarakannya APEC Indonesia 2013, membuat masyarakatnya menaruh harapan besar pada ajang internasional tersebut. Tak sedikit masyarakat yang menganggapnya sebagai peluang emas untuk mempromosikan produk-produk lokal khas Bali ke dunia.

"Ya saya sih harapannya, kalau ada ajang begini (APEC), produk Bali bisa semakin banyak yang keluar negeri lewat omongan (tamu dan delegasi APEC) dari mulut ke mulut, untungnya kan bisa lebih besar buat kami," ungkap pejual aksesoris dan hiasan ruangan khas Bali, Gusti Ratna, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti ditulis Kamis (10/10/2013).

Selain itu, sebut saja Toni, pengusaha UKM ini juga berharap ajang APEC dapat membuat lebih banyak orang mengenal produk-produk dalam negeri.

"Saya harap, banyak orang asing yang mengenal dan nantinya membeli produk-produk dalam negeri, ajang seperti APEC ini bagus untuk UKM-UKM seperti kami," ujar pengusaha UKM asal Denpasar yang turut menghadiri acara APEC Small Medium Enterprise & Enterprenership (SMEE) Summit di jimbaran.

Sementara itu, Wayan  Liong yang bekerja sebagai petugas keamanan warga memiliki harapan yang agak berbeda terhadap penyelenggaraan APEC di tempat tinggalnya tersebut.

"Kalau ada APEC ini, banyak infrastruktur dibangun, hubungan dengan negara lain lebih terbuka, produk-produk lokal dipUKM dikembangin, dengan begitu ya saya harap ekonomi jadi merata lah. Tidak ada lagi kesenjangan antar si kaya dan miskin seperti yang terjadi di daerah saya juga masih begitu," tuturnya saat tengah bersiap mengikuti upacara Ngaben di desanya. (Sis/Igw)

Loading