Sukses

Rantai Pasokan di Kawasan Asia Pasifik Sangat Unik

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry mengatakan, perdagangan di wilayah Asia Pasifik sangat bergantung pada rantai pasokan yang sangat unik. Hal ini mengingat belum selesainya negosiasi mengenai Kemitraan Trans Pasifik (Trans Pacific Partnership/TPP).

"Ipad misalnya, dirancang di California, komponen dalamnya di China, komponen lain di Thailand, chip-nya dibuat di Singapura, dibentuk di Korea, dan dijual di Jakarta," tuturnya saat berpidato di acara APEC  CEO Summit 2013, di Bali International  Convention Center, Senin (7/10/2013).

Saat mengatakan peran Jakarta sebagai penjual, banyak penonton riuh dan sebagian bertepuk tangan.

Dia mengatakan, banyak investor di Jakarta dan semua negara di jalur tersebut memerlukan konsistensi serta kebijakan yang transparan. Dengan begitu, pengiriman barang dan pergerakan manusia dapat menjadi lebih cepat dan aman.

"Saya tekankan, penting bagi APEC untuk mengedepankan konektivitas yang memudahkan rantai pasokan dan peraturan yang dibuat sebaiknya berdasarkan masukan masyarakat," ujarnya.

Dia juga menyampaikan pesan Presiden Barack Obama agar para pemimpin pemerintah dan sektor swasta dalam kesempatan ini dapat berinteraksi dengan baik.

Hal ini guna menghasilkan kebijakan yang dapat mendorong perkembangan bisnis di kawasan tersebut termasuk kebebasan berinovasi.

"Para pemimpin perusahaan dari sektor swasta perlu terus mendorong pemerintah ke arah sana karena realisasinya saat ini para CEO masih banyak mengalami kendala dalam berbisnis," ujarnya.

Dia juga mengimbau pihak pemerintah untuk tidak mempertahankan peraturan-peraturan yang berpotensi menyempitkan pasar perdagangan di kawasan Asia Pasifik. (Sis/Nur)
Loading