Sukses

Presiden Chili Tantang RI Lakukan Perdagangan Bebas di Muka Umum

Presiden Chili Sebastian Pinera secara terbuka mengajak Menteri Keuangan Indonesia Chatib Basri untuk menerapkan sistem perdagangan bebas antar keduanya. Bagaimana Chatib menjawab ajakan tersebut?

"Andai saja saya presidennya," ujar Chatib dalam acara diskusi panel APEC CEO Summit 2013 di Bali International Convention Center (BICCl), Minggu (6/10/2013).

Sebelumnya Sebastian menjawab pertanyaan moderator soal tanggapannya terhadap implementasi Kemitraan Trans Pacific (Trans Pacific Partnership/TPP) di Asia Pasifik. Namun kemudian secara tiba-tiba, dia bertanya pada Chatib soal peluang Indonesia untuk melakukan perdagangan bebas dengan Chili

"Saya tanya menteri keuangan (Chatib) sekarang, salah satu negara yang kami sasar untuk perdagangan bebas adalah Indonesia. Jadi bagaimana jawabannya? Semua disini jadi saksi ya? Tidak ada tekanan ya Pak Chatib," ujarnya sambil bercanda yang langsung menimbulkan riuh tawa dari para penonton.

Chatib dengan tenang menjelaskan, setahun sebelumnya, Indonesia sudah bertemu dan berdiskusi dengan Amerika Latin. Menurutnya hal tersebut memang harus ditanggapi dengan cepat.

"Saya rasa bapak presiden (SBY) sudah mnemiliki roadmap untuk ekonomi Asia Pasifik. Kami juga melihat kemungkinan-kemungkinan mengeksplorasi berbagai potensi yang bisa dilakukan bersama," ujarnya.

Di akhir jawaban, dia menanggapi bercanda dengan berkata, andai saja dirinya presiden tentu bisa langsung dijawab. (Sis/Igw)
Loading