Populer di Tiktok, Ini 7 Permainan Anak yang Viral pada 2022

Beberapa di antaranya merupakan permainan tradisional yang kembali dimainkan di era modern.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 30 Des 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi Kartu UNO (sumber: wikipedia)

Liputan6.com, Yogyakarta - Pada 2022, banyak permainan anak-anak yang mendadak viral karena banyak diperbincangkan di media sosial. Beberapa di antaranya merupakan permainan tradisional yang kembali dimainkan di era modern.

Berikut daftar tujuh permainan anak viral pada 2022:

1. Board Game Guess Who I Am

Board game guess who I am merupakan permainan berbentuk kotak papan yang berisi gambar berbagai karakter. Belakangan, gim ini menjadi cukup populer di platform TikTok.

Cara bermain gim ini sangat sederhana, yakni masing-masing pemain memainkan kartu secara acak. Kemudian, secara bergantian mereka menanyakan ciri-ciri dari orang yang akan menebak dan mulai menyempitkan tebakan.

Pemain yang pertama kali dapat menebak orang dengan benar akan keluar sebagai pemenang. Permainan ini sangat cocok dimainkan oleh dua orang, sehingga menjadi permainan yang tepat untuk mempererat hubungan bersama keluarga, pasangan, atau teman dekat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Boneka Kaktus Goyang

2. Boneka Kaktus Goyang

Boneka kaktus goyang juga menjadi salah satu mainan yang sangat viral di berbagai platform media sosial. Mainan ini memiliki dua tombol di bagian kiri dan kanan yang berfungsi untuk menyalakan atau menghidupkan kaktus.

Kamu bisa menghidupkannya dengan cara menekan tombol dan mulai merekam suara. Saat sudah selesai, kamu bisa melepaskan tombol untuk memutar ulang suara.

Selain itu, ada juga tombol pemutaran musik yang dapat digunakan untuk memutar lagu dan menggantinya. Permainan ini juga sering kali dimainkan bersama kucing kesayangan.

3. Mesin Capit Mini

Permainan mesin capit sebenarnya sudah ada sejak lama, terutama di berbagai wahana bermain. Belakangan, permainan ini kembali viral karena banyak tempat yang menyediakan permainan ini, bukan hanya taman bermain.

Mesin capit mini bekerja dengan cara memainkan alat khusus untuk mengincar salah satu boneka yang tersedia di dalam kotak. Permainan ini memerlukan keahlian sekaligus keberuntungan.

4. Latto-latto

Latto-latto atau clackers ball merupakan permainan tradisional yang mengadu dua bola plastik kecil. Bola tersebut diikat dengan tali.

Permaianan ini juga bisa disebut dengan nama tek-tek. Permainan ini sesungguhnya telah banyak dijumpai sejak era 90-an.

 

3 dari 3 halaman

Lego Kapal Titanic

5. Lego Kapal Titanic

Lego merupakan mainan anak berupa kepingan plastik-plastik kecil yang dapat disusun menjadi berbagai macam bentuk. Salah satu seri lego yang cukup viral di 2022 adalah lego berbentuk kapal Titanic.

Dengan detail yang mengikuti desain kapal Titanic asli, lego ini bisa mencapai panjang lebih dari 70 cm. Permainan ini dapat melatih kreativitas, imajinasi, serta kemampuan memecahkan masalah.

6. Pop It Fidget Toys

Pop it dimainkan dengan cara menekan gelembung di bagian atas atau bawahnya. Permainan ini dapat melatih kemampuan berpikir anak, penalaran, mental, berpikir logis, serta kemampuan motorik anak.

7. Uno Stacko

Uno stacko adalah mainan anak berupa kayu balok yang disusun. Permainan ini sangat asyik dimankan dengan jumlah pemain yang banyak, sehingga cocok dijadikan media keakraban.

Masing-masing pemain harus mengambil salah satu balok yang tersusun tanpa boleh merubuhkannya. Pemain yang merubuhkan susunan tersebut menjadi pemain yang kalah.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya