Sering Diundang Acara Parpol, Peluang Erick Thohir Diusung Cawapres Makin Besar

Dari sejumlah tokoh muda yang berseliweran, hanya Erick Thohir ini yang paling progresif menjalin keharmonisan dengan pemegang tiket kandidasi.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Des 2022, 21:32 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Menteri BUMN Erick Thohir berada di dalam mobil setelah membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang di Pasar Baru Tanjung Enim, Sumatra Selatan, Senin (24/1/2022). Bantuan yang diberikan sebesar Rp1,2 juta per orang. (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir rajin mendapat undangan dari berbagai kegiatan partai politik dan dekat dengan rakyat. Kedekatan Erick Thohir dengan elite partai politik dan king maker membuatnya memiliki langkah terdepan untuk diusung parpol menjadi calon wakil presiden (cawapres) di 2024.

"Paling mending menurut saya bisa dibilang Pak Erick Thohir ini,” tutur Pengamat Bidang Politik The Indonesian Institute Ahmad Hidayah, Kamis (1/12/2022) 

Dia mengungkapkan dari sejumlah tokoh muda yang berseliweran, hanya Erick Thohir ini yang paling progresif menjalin keharmonisan dengan pemegang tiket kandidasi. Erick Thohir juga menjadi sosok yang paling punya amunisi lengkap untuk Pilpres 2024. 

Ditambah lagi, kinerja moncer yang konsisten ditunjukkan Erick Thohir membuatnya semakin banyak disukai masyarakat. Apalagi, Erick Thohir banyak meluncurkan kebijakan yang mendongkrak kemampuan anak muda atau milenial.

Kondisi demikian, dia menambahkan, tentu menjadi bukti bahwa Erick Thohir bukan hanya memikat elite partai tapi juga hati masyarakat. Maka itu tidak mengherankan banyak masyarakat yang menginginkan Erick Thohir menjadi cawapres pada 2024.

"Saya pikir, ini bisa membuat Erick Thohir satu step maju untuk menjadi RI dua,” kata Ahmad.

Merujuk dalam temuan survei Voxpol Center Research and Consulting priode November-Desember 2022, elektabilitas Erick Thohir tercatat konsisten di dalam daftar lima besar teratas dengan persentase angka sebesar 8,6 persen. 

Sementara, Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei yang dilakukan pihaknya pada 30 Oktober sampai 5 November 2022. Adapun, salah satu yang disorot adalah terkait posisi calon wakil presiden untuk Pilpres 2024.

Ada sejumlah nama yang masuk seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meraih posisi teratas dengan raihan 19,7 persen. Lalu disusul oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 16,3 persen, Menteri Pariwisata 12,8 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 9,6 persen.

"Erick Thohir itu 9,6 persen. Erick Thohir salah satu figur yang diinginkan oleh publik," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam rilis secara daring, Kamis (1/12/2022).

 

2 dari 2 halaman

Pendukung Erick Dukung Bersama Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri). (Ist)

Selain itu ada nama Gubernur Jatim, Khofifah Indra 5,5 persen, Panglima TNI Andika Perkasa 3,3 persen, Ketua DPR RI Puan Maharani 3,1 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini 2,7 persen.

Menyusul ada nama Mantan Menteri Kelautan Susi Pujiastuti 2,2 persen, Menko Polhukam Mahfud Md 2 persen, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto 1,6 persen, Kepala KSP Gatot Nurmantyo 1,3 persen, Menteri Keuangan Sri Mulyani 0.9 persen, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 0,6 persen, Ketua Umum PKB Cak Imin 0,6 persen, Mantan Panglima TNI Moeldoko 0,2 persen, serta yang lainnya sebanyak 2,1 persen, dan tak memilih atau menjawab 15,5 persen.

Selain itu dalam temuannya, yang menarik pendukung Erick Thohir sebagai cawapres, juga mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capresnya.

"Pendukung Erick Thohir sebagai cawapres, ngeblok ke Ganjar Pranowo," ungkap Burhanuddin

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya