Sering Merasa Lelah Walau Sudah Tidur 8 Jam? Ternyata Ini Penyebabnya

Penyebab Anda merasa tetap lelah walaupun sudah tidur 8 jam.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 10 Nov 2022, 20:38 WIB
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Seperti kebanyakan orang, Anda kemungkinan akan menghabiskan sepertiga dari hidup Anda di tempat tidur, dan jika semuanya berjalan lancar, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk tidur

Jadi bagaimana Anda tahu jika Anda tidur nyenyak

Ukuran terbaik kualitas tidur terdiri dari kombinasi durasi dan efisiensi, dan bagaimana perasaan Anda keesokan harinya, kata Dr. William "Vaughn" McCall, yang memimpin Departemen Psikiatri dan Perilaku Kesehatan di Fakultas Kedokteran Universitas Augusta Georgia.

"Jika Anda merasa lebih baik, maka tidur Anda berfungsi dengan baik," katanya.

Tetapi jika Anda sering atau selalu lelah di siang hari, itu mungkin menandakan defisit dalam durasi atau efisiensi tidur Anda. 

Tanda-tandanya familiar: Anda mungkin kesulitan untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari, atau merasa lesu, tidak fokus, atau mudah tersinggung di sore hari. Ini juga bisa menjadi gejala masalah kesehatan lainnya, yang merupakan alasan lebih untuk mencari tahu apa di balik kelelahan kronis di siang hari, dan mencari bantuan medis jika Anda tidak dapat mengurangi atau menghilangkan gejalanya.

Kabar baiknya adalah, ada beberapa cara yang didukung ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas tidur, banyak di antaranya juga dapat membantu mengatasi depresi, kecemasan, nyeri kronis, atau penyakit lain yang dapat mengganggu tidur Anda.

2 dari 4 halaman

Tidur Cukup Waktu

Ilustrasi tidur siang. (Gambar oleh 영훈 박 dari Pixabay)

Para ahli mengatakan kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara tujuh dan delapan jam dari tidur malam.

Beberapa orang dapat bertahan dengan lebih sedikit waktu tidur, sebagian berdasarkan genetika, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa kurang dari tujuh jam, dan khususnya kurang dari enam jam, tidak hanya akan membuat Anda lelah tetapi juga meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan fisik dan mental.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi Perempuan Tidur (sumber: unsplash)

Ada banyak taktik yang terbukti membantu orang tertidur lebih cepat dan tidur lebih efisien, yang mengarah ke kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa taktik bermanfaat yang dapat Anda pilih, disusun dari saran McCall, Saito, dan pakar lainnya:

  • Pilih waktu tidur yang konsisten, dan patuhi itu.
  • Keluar pagi-pagi sekali, dan habiskan setidaknya dua jam setiap hari; siang hari yang cerah membantu mengatur jam tubuh Anda dan mengoptimalkan siklus tidur-bangun Anda.
  • Hindari kafein setelah sore hari, dan hilangkan jika itu tidak membantu.
  • Hindari tembakau, nikotin, dan ganja.
  • Lakukan setidaknya 20 hingga 30 menit aktivitas fisik setiap hari, seperti jalan cepat, yoga, angkat besi, atau gerakan lain apa pun yang membuat darah Anda terpompa.
  • Pelajari strategi berbasis sains untuk mengenali, mengelola, dan mengurangi stres di siang hari.
4 dari 4 halaman

Cara Lainnya

Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay
  • Hindari aktivitas yang membuat stres di malam hari, seperti membaca atau menonton berita atau postingan media sosial yang mengganggu, mendiskusikan politik, atau memeriksa email kantor.
  • Matikan atau redupkan semua lampu rumah dalam satu atau dua jam terakhir sebelum tidur.
  • Ciptakan lingkungan tidur yang gelap, sejuk dan tenang.
  • Bangun pada waktu yang sama setiap hari.
Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya