Saat Penyandang Disabilitas Kesulitan Merawat Gigi, Begini Cara Unik Dokter di AS Memperbaikinya

Mungkin pembiusan merupakan praktik umum untuk merawat gigi penyandang disabilitas intelektual dan perkembangan. Namun, Raquel Rozdolski, seorang dokter gigi-ahli anestesi, punya ide lain.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 25 Sep 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi konsultasi perawatan gigi. (Copyright foto: Pexels.com/Cottonbro)

Liputan6.com, Jakarta Mungkin pembiusan merupakan praktik umum untuk merawat gigi penyandang disabilitas intelektual dan perkembangan. Namun, Raquel Rozdolski, seorang dokter gigi-ahli anestesi, punya ide lain.

Dilansir dari Lohud, Rozdolski, direktur kursus untuk pengendalian rasa sakit dan kecemasan di Touro College of Dental Medicine, percaya bahwa pasiennya yang menyadang disabilitas sekalipun, dapat menjalani semua perawatan gigi yang dibutuhkan tanpa harus ke ruang operasi maupun dibius.

Itu karena staf klinis Touro termasuk Dr. Alex Dorrough, salah satu dari dua orang pertama dari Fellowship untuk Mengatasi Disparitas Kesehatan Mulut. Misinya yaitu memperluas akses ke perawatan gigi bagi orang-orang dengan disabilitas perkembangan dengan melatih mahasiswa kedokteran gigi dalam merawat populasi ini.

Ia juga memberikan perawatan gigi tiga hari seminggu di Westchester Institute for Human Development, yang menyediakan layanan dan dukungan untuk sekitar 5.000 orang dengan disabilitas intelektual dan perkembangan.

"Jika seseorang memiliki kebutuhan perilaku dan medis, mereka harus berada di ruang operasi." Lulusan Sekolah Gigi Touro 2020 merasa pola pikir itu membuat frustrasi. "Itu tidak manusiawi," kata Dorrough.

Sementara tempat persekutuan sekarang ada di Touro dan NYU, anggaran negara bagian 2023 menyisihkan $750.000 untuk Beasiswa untuk Mengatasi Disparitas Kesehatan Mulut, sehingga program ini akan segera diperluas ke enam sekolah kedokteran gigi di negara bagian. Artinya betapa sangat dibutuhkannya di seluruh negara bagian dan nasional.

 

2 dari 4 halaman

Menunggu Bertahun-Tahun untuk Pembersihan Gigi

Perawatan gigi untuk orang-orang dengan disabilitas intelektual yang mendalam terbatas di setiap bagian negara bagian, menurut survei tahun 2021 oleh Office for People With Developmental Disabilities negara bagian. OPWDD mendukung lebih dari 128.000 warga New York dengan disabilitas perkembangan, termasuk disabilitas intelektual, cerebral palsy, sindrom Down, gangguan spektrum autisme, dan gangguan neurologis lainnya.

Menunggu bisa bertahun-tahun untuk pembersihan sederhana, terutama bagi mereka yang membutuhkan bahkan perawatan gigi paling dasar yang dilakukan di rumah sakit dengan menggunakan anestesi.

Masalah ini ada secara nasional. Menurut laporan US Surgeon General, perawatan gigi adalah kebutuhan kesehatan yang tidak terpenuhi yang paling sering disebutkan untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus. Untuk orang dewasa, perawatan khusus semacam ini seringkali lebih langka.

Orang dengan disabilitas perkembangan menghadapi tantangan kesehatan mulut, termasuk kurangnya pelatihan yang baik untuk menjaga kebersihan mulut, akses perawatan yang tidak konsisten, dan keengganan untuk perawatan gigi setelah pengalaman buruk.

Kesehatan mulut yang buruk berdampak lebih dari sekedar penampilan. Masalah gigi bisa menyakitkan, yang dapat memengaruhi kemampuan untuk makan makanan yang sehat. Untuk orang nonverbal, kondisi gigi yang tidak dikenali dapat menyebabkan rasa sakit yang memicu masalah perilaku. Kesehatan gigi dapat berdampak pada semua kesehatan, dengan kemungkinan komplikasi termasuk infeksi yang mengancam jiwa dan masalah jantung.

Penantian yang lama untuk perawatan gigi berasal dari beberapa faktor: Beberapa dokter gigi merasa nyaman atau memenuhi syarat untuk menawarkan perawatan; akses terbatas ke rumah sakit yang dapat menampung perawatan gigi di ruang operasi hanya 30 dari 213 rumah sakit negara yang dilengkapi untuk itu; dan sistem pembayaran asuransi yang pada akhirnya mengabaikan perawatan gigi bagi orang-orang dengan kebutuhan yang kompleks.

 

3 dari 4 halaman

Hak Asasi untuk Mengakses Perawatan

Memperbaiki akses yang terbatas adalah keharusan moral, kata Jonathan Teyan, presiden New York State Academic Dental Centers. Tapi ini juga masalah kebijakan.

Cukup sering, orang dengan disabilitas perkembangan menggunakan Medicaid (program khusus di AS yang membantu biaya perawatan kesehatan orang-orang dengan pendapatan dan sumber daya terbatas). "Tingkat penggantian dari Medicaid benar-benar tidak memadai," jelas Teyan. Pasien penyandang disabilitas seringkali membutuhkan lebih banyak waktu dan lebih banyak staf, bahkan lebih banyak peralatan, sehingga dokter gigi sering menggunakan lebih banyak sumber daya, tetapi tanpa penggantian yang lebih tinggi. "Medicaid tidak mengakomodasi itu."

Akses ke kesehatan gigi untuk semua adalah inti dari misi NYSADC, kata Teyan. Sekolah kedokteran gigi mitra termasuk Columbia, University of Rochester, SUNY Stony Brook, Touro, NYU dan SUNY Buffalo.

Beberapa sekolah kedokteran gigi telah memperhatikan masalah kesetaraan ini untuk sementara waktu. Klinik Eastman Institute for Dentistry di Rochester telah mendukung pasien dengan gangguan perkembangan, intelektual dan belajar selama empat dekade. Diperkirakan klinik itu merawat 500 orang per tahun.

Dan pada tahun 2020, Dewan Akreditasi Gigi mulai mewajibkan pelatihan sekolah kedokteran gigi dalam mengelola perawatan pasien dengan disabilitas intelektual dan perkembangan.

Dr. Susan DiSenso-Browne mengatakan bahwa persekutuan memperluas hal itu dengan cara yang penting. "Setiap orang memiliki hak asasi manusia untuk memiliki akses yang sama ke perawatan dan tingkat perawatan yang sama," kata DiSenso-Browne, direktur kursus perawatan kesehatan mulut untuk pasien berkebutuhan khusus di Touro. "Mahasiswa kedokteran gigi semakin banyak yang perlu dilibatkan."

DiSenso-Browne mengatakan siswa belajar untuk memikirkan pendekatan terbaik untuk memenuhi beragam kebutuhan pasien: "Apa nuansa ini? Bagaimana saya dapat membantu membantu kebutuhan perawatan kesehatan orang ini?"

 

4 dari 4 halaman

Menyalakan Film atau Lagu Kesukaan Pasien

Misalnya berdasarkan pengalaman Alanna O'Shea yang membutuhkan banyak perawatan gigi, bahkan mungkin saluran akar. Ditemani ibunya, Elaine O'Shea, mereka pertama-tama berbicara di ruang konferensi klinik gigi Touro College tentang apa yang akan mereka lakukan hari itu dan kemudian menuju ke klinik di lantai tiga.

Alanna sudah siap, kemudian dokter melakukan beberapa pembersihan, beberapa pengeboran, kemudian beberapa jeda istirahat sehingga Alanna dapat melepas sandal jepitnya, sembari berlangsungnya pengangkatan karang gigi.

Baik Elaine dan Alanna O'Shea, yang tinggal di Yonkers, mengatakan bahwa Alanna dapat menonton film di iPad selama kunjungan gigi sangat membantu. Pada janji temunya baru-baru ini, Alanna senang mengetahui bahwa ia akan berada di sebuah ruangan dengan layar berukuran bagus yang terpasang di kursi sehingga film Disney favoritnya dapat ditampilkan sepenuhnya.

Dorrough dan dua asisten bekerja dalam konser, dengan obrolan ramah dalam nada rendah. Alanna tampak santai saat instrumen diambil, digunakan, diletakkan, diganti, dengan Dorrough bekerja dengan cepat.

Dorrough mengatakan minatnya untuk mendukung komunitas disabilitas dengan cara ini sangat sederhana: semua orang berhak mendapatkan perawatan terbaik.

Elaine O'Shea mengatakan pengalaman itu luar biasa bagi Alanna. "Ketika ia masih sangat muda, ia membutuhkan anestesi," kata Elaine, menceritakan proses pembatasan makanan, membawanya ke rumah sakit, dan kemudian efek pusing setelahnya. Sekarang ia tersenyum sampai ke kursi dokter gigi.

DiSenso-Browne mengatakan pengalaman Alanna memperkuat keyakinannya bahwa hingga 80% orang dengan disabilitas intelektual dan perkembangan dapat menjalani perawatan gigi dalam pengaturan tradisional, dan tidak harus menjalani anestesi yang sia-sia.

"Ia benar-benar anak yang hebat," kata DiSenso-Browne. "Ia hanya membutuhkan sedikit lebih banyak cinta, perhatian, dan kasih sayang."

Infografis 3 Tips Atasi Takut Jarum Suntik Saat Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya