VIDEO: Volume Air Bengawan Solo Meningkat, Tapi Masih Normal

Di Solo, Jawa Tengah, hujan deras membuat warga khawatir akan meluapnya Bengawan Solo. Namun, ketinggian air masih terhitung normal.

oleh Liputan6 diperbarui 18 Jan 2013, 17:39 WIB
Tak hanya di Jakarta, hujan deras juga turun di wilayah lain di Pulau Jawa dan berpotensi membuat sungai-sungai meluap. Di Solo, Jawa Tengah, hujan deras membuat warga khawatir akan meluapnya Bengawan Solo yang nantinya  bisa membanjiri wilayah mereka.

Apalagi, dari pantauan Liputan6, Jumat (18/1/2013) sekitar pukul 15.30 WIB, hujan dengan intensitas sedang mulai turun dan langsung membuat aliran Bengawan Solo bertambah deras. Bahkan, menurut warga sekitar, sejak siang tadi sebenarnya ketinggian air telah meningkat sekitar setengah meter.

Namun, menurut keterangan Perum Jasa Tirta, pihak yang mengelola Bendungan Wonogiri, ketinggian air di Bengawan Solo masih terhitung normal. Warga tak perlu khawatir, meski disarankan untuk tetap waspada.

Luapan Bengawan Solo memang harus diwaspadai, karena jika sungai meluap, yang terkena dampak tak hanya wilayah di Jateng karena sungai ini mengalir sejauh kurang lebih 600 kilometer. Sejumlah lokasi di Jawa Timur juga akan terkena dampak banjir, seperti Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik.(Ado)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya