4 Tips Dekorasi Kamar Bayi agar Lebih Menarik

Ingin dekorasi kamar bayi? Ada beberapa tips untuk membuat kamar si kecil lebih menarik

oleh Putu Elmira diperbarui 07 Feb 2022, 05:01 WIB
Ilustrasi kamar bayi. (dok. Pixabay.com/andremergulhaum)

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati. Salah satunya adalah menata kamar bayi dengan ragam sentuhan lembut di dalamnya.

Dilansir dari PinkVilla, Minggu, 6 Februari 2022, dekorasi kamar bayi juga perlu jadi perhatian orangtua. Selain ruangan yang fungsional, ruang inilah Anda dan buah hati dapat menghabiskan waktu bersama dan menciptakan kenangan yang tak terlupa.

Lantas, apa saja tips untuk dekorasi kamar bayi agar terlihat lebih menarik? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

1. Pilih tempat tidur yang menarik

Tempat tidur bayi tidak melulu harus bernuansa putih polos atau kayu. Ada banyak jenis boks bayi berwarna lucu untuk dipilih.

Anda bahkan dapat menyesuaikan tempat tidur sesuai dengan kebutuhan orangtua. Apalagi bagi mereka yang sangat percaya kenangan masa kanak-kanak meninggalkan dampak yang tak terlupa untuk anak.

2. Pilih lampu yang menyenangkan

Penting untuk mengatur lebih dari satu sumber cahaya di kamar bayi. Hindari halogen dan bohlam terbuka saat menyalakan kamar bayi. Lampu terang ini membuat bayi merasa tidak nyaman dan cemas dan bahkan bisa berbahaya jika ada balita yang penasaran.

Misalnya, orangtua dapat menggunakan lampu bintang LED untuk menerangi langit-langit. Atau, rangkaian lampu peri yang berkelap-kelip dapat digunakan untuk menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
2 dari 4 halaman

3. Furnitur yang seru

Ilustrasi kamar bayi. (dok. Pixabay.com/Viki_B)

Gabungkan furnitur modern dan fungsional yang tidak memakan terlalu banyak ruang di kamar anak. Ada yang ingin menyertakan rak pajangan atau penyimpanan untuk barang-barang dekoratif yang manis, seperti buku bagus dan mainan kayu.

Untuk memastikan keawetan, pilih tempat tidur dan meja rias hemat ruang dalam warna komplementer yang akan tumbuh bersama anak Anda dan kebutuhannya. Anak-anak membutuhkan ruang mereka sendiri untuk berkembang.

3 dari 4 halaman

4. Nuansa lebih lembut di dinding

Ilustrasi kamar bayi. (dok. Pixabay.com/ErikaWittlieb)

Warna-warna yang lebih lembut, seperti biru, hijau, dan merah muda, sangat ideal untuk bayi saat bangun karena mata mereka dapat melihat warna-warna tersebut pada waktu yang hampir bersamaan dengan perkembangannya. Anda dapat mencari ide untuk kamar bayi dari lagu anak-anak atau cerita anak-anak jika Anda mau.

Pilih cat yang bebas timbal dan aman untuk kamar anak. Kamar tidur anak memiliki banyak fungsi, yakni kamar bayi, ruang bermain, ruang belajar, dan yang terpenting, ini adalah ruang mereka sendiri untuk dapat bersantai.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya