Menhan Prabowo Subianto Ziarah ke Makam Pahlawan Peristiwa Lengkong 1947

Dalam ziarah itu, Prabowo juga mengikuti prosesi upacara Peringatan ke-76 Hari Bhakti Taruna.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 26 Jan 2022, 14:01 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhakti Taruna di Kota Tangerang, Banten. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menengok makam pahlawan yang gugur dalam Peristiwa Lengkong 1947 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kota Tangerang, Rabu (26/1/2022). 

Dalam ziarah itu, Prabowo juga mengikuti Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhakti Taruna. Dari pantauan langsung di lokasi, Prabowo datang ke TMP Taruna sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung menjadi pemimpin upacara. 

Upacara yang berlangsung selama 15 menit tersebut ditutup dengan prosesi tabur bunga dimakam para pahlawan Tangerang. Tak terkecuali makam pahlawan Daan Mogot yang gugur dalam peperangan yang terjadi di Tangerang pada masanya. Terlihat jelas, Prabowo mendoakan mendiang Daan Mogot dimakamnya bersama pejabat daerah, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah. 

"Beserta hormat saya, terima kasih saya. Pasukan dari semua angkatan Polri, taruna-taruna, Kadet dari Unhan dan dari Ormas yang hadir di sini, terima kasih," ucap Prabowo dalam sambutannya. 

 

2 dari 2 halaman

Teladan Generasi Penerus

Menurutnya, gugurnya Daan Mogot harus menjadi suri tauladan para pemuda di Kota Tangerang terutama Indonesia. Sebab, Daan Mogot saat itu gugur di usia 19 tahun masih berpangkat Mayor. 

"Khususnya di sini yang berkesan adalah pengorbanan para pejuang yang masih muda usianya. Para perwira masih muda, kalau enggak salah, Daan Mogot walau berpangkat mayor masih sangat muda usianya masih 19 tahun," kata Ketua UMum Partai Gerindra itu.

Selain dihadiri Menhan, acara itu juga diikuti Danrem 052 Wijayakrama dan Dandim 0506 Tangerang, Kolonel Inf Puji Hartono. 

Tidak hanya itu, Kapolda Banten, Irjen Pol Rudi Heriyanto Adi Nugroho, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah beserta Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Komaruddin dan para legium veteran. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya