7 Manfaat Cumi-Cumi untuk Kesehatan

Ternyata cumi-cumi tidak hanya olahan seafood yang memiliki rasa lezat, namun banyak juga manfaatnya bagi kesehatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Sep 2021, 19:30 WIB
Cumi Crispy Saus Madu. (Dok. Masakapahariini)

Liputan6.com, Jakarta - Sajian cumi-cumi yang dibaluri dengan tepung dan digoreng atau dikenal dengan sebutan calamary, menjadi menu andalan di sebagian besar restoran akhir-akhir ini. Hidangan yang lezat ini telah secara rutin muncul dalam bisque, sup, pasta, risotto, dan yang lainnya.

Dikutip dari The Health Site, Kamis (23/9/2021), di pesisir India, hidangan lokal dengan bahan dasar cumi-cumi disebut dengan Koonthal, Kanawa atau Kadamba.  Umumnya dimasak dengan saus atau hanya digoreng. Berbeda dari ikan, daging cumi-cumi berwarna pucat, putih transparan, bertekstur kenyal dan bercita rasa gurih.

Namun, selain rasanya lezat tentu saja cumi-cumi memiliki manfaat yang jarang diketahui. Berikut tujuh manfaat cumi-cumi bagi kesehatan menurut Geeta Shenoy, seorang ahli gizi:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

1. Makanan yang Bergizi

Simak manfaat konsumsi cumi-cumi yang baik bagi kesehatan tubuh (Foto: MasterSquid)

Cumi-cumi adalah moluska dari keluarga kerang, dan berwujud dalam empat jenis, yaitu, hitam, putih, cangkang keras dan merah. Cumi-cumi mkaya akan protein, mineral dan rendah kalori. Hal ini membuat cumi-cumi menjadi makanan yang bergizi tinggi, kata Geeta.

3 dari 9 halaman

2. Rendah Kalori

Cumi Saus Padang. (Dok. Masakapahariini)

Cumi-cumi sangat bagus untuk mereka yang ingin meningkatkan asupan protein tanpa menganggu asupan kalori mereka. Satu porsi yang setara dengan 100 gram cumi-cumi hanya memiliki 75 kcl hingga 85 kcl kalori, kata ahli gizi. Namun, jika cumi-cumi diolah dengan dioreng, maka nilai kalorinya dapat naik.

4 dari 9 halaman

3. Sumber Protein yang Baik

Oseng Cumi Kecap Kemangi. (Dok. Masakapahariini)

Cumi-cumi juga memiliki jumlah protein yang baik jika hanya dikonsumsi sekitar 100 gram, protein yang didapatkan kurang lebih 15,5 gram hingga 16,1 gram.

5 dari 9 halaman

4. Tanpa Karbohidrat

Tumis Cumi Kecap Brokoli dan Jamur. (Dok. Masakapahariini)

Bagi yang takut makan karbohidrat dan sedang menjalani diet, dapat memasukkan menu cumi-cumi ke dalam daftar makanan, karena tidak mengandung karbohidrat.

6 dari 9 halaman

5. Sumber Vitamin B12 dan B6

ilustrasi sambal cumi pete/copyright by tri suryono (Shutterstock)

Tubuh membutuhkan B12 untuk kesehatan saraf dan kesehatan darah, sedangkan vitamin B6 untuk melindungi jantung dari stroke. Ini dapat menjadi alasan untuk makan cumi-cumi karena kaya akan kedua nutrisi ini.

7 dari 9 halaman

6. Selenium dan Vitamin E

cumi masak hitam (sumber: Pixabay)

Cumi-cumi memiliki jumlah selenium dan Vitamin E yang baik. Selenium, yang hadir dalam jumlah kecil di dalam tubuh, bekerja dengan vitamin E dalam membantu pertumbuhan dan kesuburan dalam tubuh yang normal. Sebagai anti-oksidan kedua nutrisi ini berperan dalam memerangi kanker dan dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor.

8 dari 9 halaman

7. Rendah Lemak

Ilustrasi Cumi Panggang Saos Madu Credit: pexels.com/pixabay

Kebanyakan makanan laut seperti kerang, cumi-cumi juga memiliki kandungan kolesterol makanan dalam jumlah tinggi. Tapi itu bukan alasan untuk berhenti memakannya. Cumi-cumi ini sangat rendah lemak, dan penyebab kolesterol tinggi biasanya akibat konsumsi lemak buruk. 

Itulah tujung manfaat cumi-cumi bagi kesehatan, menurut ahli gizi. Dengan konsumsi yang tepat dapat menyehatkan tubuh.

 

Penulis : Vania Dinda Marella

9 dari 9 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran (Liputan6.com/M. Iqbal)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya