4 Cara Mudah Ubah Pola Pikir yang Membuat Hidupmu Lebih Bahagia

Berikut adalah beberapa tips mengubah pola pikir agar lebih positif.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 19 Sep 2019, 10:00 WIB
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta - Studi dari Prosiding National Academy of Sciences mengatakan bahwa orang yang optimis memiliki umur 11 hingga 15 persen lebih lama dibandingan dengan orang pesimis. Peluang untuk mencapai usia 85 tahun ke atas dikatakan lebih besar untuk orang-orang optimis.

Menurut seorang psikolog klinis, Linda Blair, perubahan besar bagi orang yang kurang optimis dapat dirasakan bila orang tersebut mengubah cara pikirnya dan memilih tempat kerja yang memeperkuat pandangan positif.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (19/9/2019), berikut beberapa tips cara mengubah pemikiran agar lebih positif.

2 dari 5 halaman

Berpikir 'Abu-Abu'

Ilustrasi Foto Hitam Putih. Kredit: Nikolapeskova via Pixabay

Linda mengatakan agar tidak terlalu bergantung pada pemikiran yang ‘hitam-putih’. Pemikiran ‘hitam-putih’ yang dimaksud Linda adalah berpikir “Apa yang baik mengenai hal ini?”

Menurut Linda, pemikiran tersebut akan membuat kita tidak percaya dengan sisi baik dari suatu hal. Namun, optimisme justru dapat digapai dengan bersikap lebih realistis dengan melihat hal baik dan buruk dari sesuatu, kemudian baru diproses dalam pikiran.

“Tantang diri Anda dengan nuansa abu-abu. Ada jalan tengah. Tanya dirimu: apa saja faktanya?” ujar Linda seperti dilansir dari The Guardian.

3 dari 5 halaman

Lingkungan yang Positif

ilustrasi teman/copyright Rawpixel

Linda juga mempercayai bahwa optimisme dapat diperkuat dengan cara menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki pikiran positif (melihat segala sesuatu hal dari sisi baiknya).

Lingkungan yang berbeda juga akan mempengaruhi cara kita berpikir dalam waktu singkat maupun lama.

4 dari 5 halaman

Jurnal Rasa Terima Kasih

Ilustraasi foto Liputan 6

Salah satu peneliti dalam studi yang sama, Eric Kim, mengatakan bahwa seseorang dapat menjadi lebih optimis dengan membuat ‘jurnal rasa terima kasih’. Caranya adalah dengan menulis tiga hal yang Anda syukuri setiap hari, dan mencatat hal-hal baik yang Anda lakukan untuk orang lain.

5 dari 5 halaman

Melatih Pikiran

Ilustrasi Meditasi (iStockphoto)

Anda dapat melatih pikiran dengan cara membayangkan diri Anda mencapai kesuksesan, serta juga memikirkan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan tersebut. Selain itu, meditasi juga dapat dilakukan untuk membantu kita melihat sisi baik dari sesuatu. Pastikan juga untuk memiliki tidur yang cukup.

“Ketika kita lelah, kita menjadi emosional dan emosional biasanya berarti kita takut. Kita memikirkan masa depan dan kita khawatir tentang bagaimana hal itu akan terjadi dengan cara yang di luar kendali kita. Saat Anda lelah, lebih sulit untuk bersikap logis,” tutur Linda.

Mengubah cara pikir dibutuhkan waktu dan latihan. Menurut Linda, latihan mengubah pola pikir mungkin akan berhasil dalam waktu satu tahun hingga benar-benar tertanam di sepanjang hidup kita.

Ia menyarankan agar orang yang sedang berlatih mengubah cara pikir untuk mencatat setiap perkembangan yang dirasakan.

Penulis:

Timothy Juliano

Unviersitas Multimedia Nusantara

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya