Misi Khusus Indonesia di Ajang World Economic Forum 2019

Pertemuan Davos yang rutin diselenggarakan oleh World Economic Forum adalah salah satu forum terpenting yang membahas masalah-masalah ekonomi.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 23 Jan 2019, 17:44 WIB
Luhut Binsar Panjaitan dan Rudiantara pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah membawa misi khusus dalam Forum Ekonomi Dunia 2019 atau World Economic Forum (WEF) Annual Meeting 2019, di Davos, Swiss. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai perwakilan dari Indonesia.

Luhut mengatakan, misi khusus dalam forum tersebut adalah mempromosikan perekonomian Indonesia, membahas sampah di laut yang menjadi masalah serius dan kondisi politik Indonesia.

"Saya jelasin masalah ekonomi, sekarang gimana posisi Indonesia. Yang kedua masalah sampah laut ini sebagai serious matter sekarang, jelasin lagi apa yang kita kerjain seperti penanganan Citarum dan sampah di laut kita yang banyak. Nanti orang juga nanya politik Indonesia," kata Luhut, di Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Paling penting adalah mengenalkan Indonesia secara utuh, sehingga dapat mengangkat reputasi Indonesia di mata dunia. Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup positif, nampak sekali terjadi perubahan-perubahan sehingga Indonesia mulai banyak dikenal.

"Apalagi setelah penyelenggaraan Asian Games yang hebat dan suksesnya Pertemuan Tahunan IMF-WBG kemarin di Bali, karena begitu banyak yang hadir 189 negara dan badan-badan dunia,mereka mengapresiasi penyelenggaraannya hebat. Lalu penanganan bencana di Palu dan Lombok yang semua tertangani secara baik. Harus diterusin supaya jangan lupa orang itu," ungkap Luhut.

 

2 dari 2 halaman

Forum Penting

Ketua Panitia Nasional Penyelenggara Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Luhut Binsar Panjaitan memberi keterangan di Bali, Senin (8/10). Menurut Luhut, jumlah peserta IMF dan World Bank telah melebihi target. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pertemuan Davos yang rutin diselenggarakan oleh WEF adalah salah satu forum terpenting yang membahas masalah-masalah ekonomi.

WEF dilandaskan pada ide bahwa dunia memerlukan kerjasama yang lebih erat antara sektor swasta dan pemerintahan untuk menemukan cara terbaik dalam menjawab tantangan global.

Lebih dari 3.000 peserta dari kalangan pemerintahan, ekonom, pelaku bisnis, pelaku seni, budaya dan media berkumpul di kota pegunungan, Davos, di Swiss.

Bill Gates, George Soros, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, CEO Goldman Sachs yang baru David Solomon, dan Ray Dalio Founder Bridgewater adalah contoh nama-nama besar yang dikabarkan hadir tahun 2019 ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya