Jangan Pernah Simpan 7 Barang Ini di Kamar Mandi, Apa Saja?

Tahukah Anda? Ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh diletakkan di kamar mandi

oleh Vinsensia Dianawanti diperbarui 10 Jul 2018, 18:00 WIB
Kamar mandi Pusat Olahraga Olimpiade yang dipilih untuk menjadi markas tim nasional sepak bola Panama pada Piala Dunia 2018 di Saransk, Rusia, Kamis (3/5). (Mladen ANTONOV / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Kamar mandi menjadi ruang pribadi bagi Anda untuk membersihkan dan merawat diri. Anda bisa merawat diri di kamar mandi dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Sampo, kondisioner, sabun, dan sikat gigi menjadi hal yang umum di kamar mandi. Namun ternyata, kelembapan di kamar mandi menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bakteri ini bisa hinggap di alat kebersihan Anda. Untuk itu, jangan pernah meletakkan tujuh hal berikut ini di kamar mandi, seperti dikutip dari Bright Side pada Senin (9/7/2018).

1. Obat-obatan

Sudah jelas jika jangan meletakkan kamar mandi Anda. Letakkan obat-obatan di lemari obat yang kering dan sejuk. Seperti di ruang keluarga atau ruang makan. Suhu dan kelembapan udara di kamar mandi yang terus berubah mengurangi stabilitas obat dan efektivitasnya. Bahkan dapat membuat obat kadaluarsa lebih cepat.

2 dari 3 halaman

2. Segala bentuk alat makeup

Brush Make up yang kotor, dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk itu, alat make up seharusnya sering dibersihkan.

Lagi-lagi, panas dan kelembapan udara di kamar mandi juga akan menurunkan kualitas produk ini. Bahkan bisa mempercepat kadaluarsa kosmetik Anda. Kuas makeup yang diletakkan di kamar mandi juga akan menjadikannya sarang kuman, bakteri, dan jamur. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan Anda mencuci kuas secara teratur dengan air hangat bersabun dan menyimpannya di kamar tidur.

3. Parfum

Jika Anda meletakkan parfum di kamar mandi, akan membuat cepat habis. Parfum akan mengalami oksidasi. Paparan suhu dan kelembapan mempercepat penghancuran integritas molekul dan membuat aromanya rusak lebih cepat.

4. Pisau cukur

Suhu dan kelembapan udara dalam kamar mandi dapat menumpulkan silet dan akhirnya menyebabkan logam mengoksidasi dan berkarat. Simpan pisau cukur di laci kamar tidur yang kedap udara. Jangan lupa juga untuk membersihkannya setelah digunakan.

3 dari 3 halaman

5. Elektronik

Ilustrasi ponsel (iStock)

Banyak wanita yang menyimpan hair dryer atau alat catok di kamar mandi. Namun sebenarnya kelembapan tinggi dapat merusak komponen elektronik tersebut. Terlebih bagi ponsel atau iPod.

6. Cat kuku

Pernahkah Anda membuka botol cat kuku dan menemukannya menjadi begitu padat? Ini semua karena uap yang mengubah bentuk cat kuku. Panas juga bisa mengubah warna cat kuku. Lebih baik simpan cat kuku di dalam kulkas untuk membuat warnanya tetap terjaga.

7. Tabir surya

Selain SPF yang kadaluarsa, meletakkan tabir surya dalam kamar mandi juga bisa menghilangkan khasiatnya. Panas dan uap dapat membuat formula tabir surya menjadi terpisah dan membuat terbentuknya jamur.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya