Berkah Kamis Wage Cucu Jokowi

Pukul 09.28 WIB, cucu pertama Jokowi lahir. Pada penanggalan Jawa, cucu Jokowi lahir pada Kamis Wage.

oleh Ilyas Istianur PradityaAhmad Romadoni Luqman RimadiSilvanus AlvinFajar AbroriPutu Merta Surya Putra diperbarui 11 Mar 2016, 00:00 WIB
Putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengumumkan kelahiran putranya. (Liputan6.com/ Reza Kuncoro)

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang tak biasa dengan pengamanan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, di kota kelahiran Presiden Joko Widodo, Solo, Jawa Tengah. Sejumlah pria berbadan tegap siaga di sejumlah sudut rumah sakit tersebut. Beberapa petugas berseragam militer juga hilir mudik.

Warung-warung yang menjual makan pun serentak tutup lebih awal.

"Tadi ada petugas yang meminta untuk warung ditutup dulu. Tapi tidak apa-apa wong tinggal sedikit dagangannya," ucap seorang pedagang di sekitar rumah sakit, Solo, Kamis 10 Maret 2016.

Ada apa di rumah sakit tersebut?

Usut punya usut, menantu Jokowi, Selvi Ananda akan melahirkan. Mantan Putri Solo itu melahirkan buah hatinya dengan Gibran Rakabuming Raka.

Umi, keluarga salah satu pasien yang satu ruangan dengan Selvi mengatakan, menantu Jokowi itu sempat sendirian di ruang observasi bersalin RS PKU Muhammadiyah Solo.

"Tadi ketika saya tiba di kamar untuk menunggu anak saya, saya melihat sudah ada Mbak Selvi di sana. Tadi dia sendirian di kamar," kata Umi di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Pukul 09.28 WIB, cucu pertama Jokowi lahir. Pada penanggalan Jawa, cucu Jokowi lahir pada Kamis Wage.

Kabar bahagia ini disampaikan oleh sejumlah orang terdekat mantan Wali Kota Solo itu. Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, melalui akun Twitter-nya, @kaesangp, menyebarkan kabar tersebut.

"Sekarang udah jadi om Kaesang," demikian cuitan Kaesang pada Kamis, seperti dikutip Liputan6.com.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga turut mengabarkannya. "Alhamdulillah telah lahir cucu laki-laki pertama dari Bp/Ibu Jokowi di Solo pada Kamis (10/3/2016) sekitar pukul 09.30 WIB," tulis Pramono dalam pesan singkatnya di Jakarta.

Saat ditanyakan ke Jokowi mengenai kelahiran cucunya usai meresmikan Pusat Logistik Berikat (PLB) di Cakung, Jakarta Utara, sang Presiden hanya tersenyum.

(foto: twitter Kaesang Pangarep)


Bayi Sehat

Keluarga Presiden Jokowi menggelar konferensi pers untuk memberikan kabar bahagia tersebut di aula RS PKU Muhammadiyah Solo. Konferensi tersebut dihadiri langsung Ibu Negara Iriana Jokowi, Gibran, serta tim dokter.

Gibran menuturkan putra pertamanya lahir pukul 09.28 WIB. Proses kelahiran bayi pertamanya berlangsung dengan cepat dan lancar.

Dia mengatakan, berat buah hatinya mencapai 3,09 kilogram. Sedangkan panjangnya 48,5 cm. ‎"Semuanya sehat," Gibran menandaskan.

Istri Jokowi, Iriana, sangat bersyukur atas kelahiran cucu pertamanya itu. Kondisi cucunya yang memiliki panjang 48,5 cm itu dalam keadaan sehat, demikian juga bunda sang bayi.

"‎Kondisi ibunya (Selvi) dan bayi, alhamdulillah sehat," kata Iriana Jokowi dalam jumpa pers di aula RS PKU Muhammadiyah Solo, Kamis.

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Solo Mardiatmo mengatakan, proses kelahiran putra pasangan Gibran dan Selvi itu melalui operasi caesar.

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda, didampingi Presiden Jokowi, Ibu Negara, Iriana dan Besan Presiden Jokowi saat resepsi pernikahan di Graha Saba Buana, Sumber, Solo, Kamis (11/6/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)


Nama Rahasia

Gibran, belum mau mengumumkan nama anaknya. "Nama anaknya belum, nanti saja saya kasih tahu," ucap Gibran.

Dia mengatakan proses kelahiran putranya sangat cepat. "Saya terima kasih kepada tim dokter RS PKU yang menangani proses persalinan anak saya," ujar dia.

Sementara, Jokowi, malam ini bertolak ke Solo. Selain untuk kunjungan kerja, Jokowi juga akan menengok cucu pertamanya.

"Beliau ke sana, tujuannya kunjungan kerja," kata Juru Bicara Presiden Johan Budi di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Johan mengatakan ada perubahan jadwal dalam kunjungan Presiden ke Solo. Namun, kegiatan yang akan dilakukan di Solo telah diagendakan sebelumnya.

"Agendanya sudah jauh-jauh hari. Nanti ada beberapa menteri dalam kunjungan tersebut," ucap Johan.

Kepala Biro Pers Istana Kepresidenan Bey Machmudin mengatakan, Jokowi dijadwalkan bertolak ke Solo pukul 19.30 WIB menggunakan pesawat kepresidenan.

"Kunjungan Beliau, berangkat malam ini, Sabtu besok sudah kembali ke Jakarta, karena ada agenda Beliau untuk menghadiri undangan dari Panglima TNI," kata Bey.

Keluarga Presiden Jokowi menggelar acara mitoni atau 7 bulan kehamilan menantunya, Selvi Ananda (Liputan6.com/ Reza Kuncoro)

Doa dan Selamat

Ucapan selamat pun diberikan kepada keluarga besar Jokowi atas kehadiran cucu pertama Presiden. Sejumlah netizen mengucapkan selamat untuk Jokowi melalui akun media sosial Jokowi.

Tak hanya melalui dunia maya, ucapan selamat juga diberikan secara langsung dari sejumlah pejabat. Mereka mengunjungi Selvi dan keluarga Jokowi di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Di antaranya adalah Menteri Kesehatan Nila Juwita F Moeloek dan Wali Kota SoloFX Hadi Rudyatmo.

"Selamat menerima cucu pertama laki-laki kepada Pak Jokowi. Ini dambaan dari seorang kakek dan nenek," kata FX Hadi Rudyatmo yang merupakan eks Wakil Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Cucu Jokowi lahir, Sakit PKU Muhammadiyah, Solo dijaga ketat

Sejumlah doa juga mengalir untuk cucu Jokowi. Pada pesan singkatnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga mendoakan cucu Jokowi.

"Semoga menjadi anak yang soleh dan berbakti kepada orangtuanya serta diberi kesehatan dan kebahagiaan. Aamiin YRA," tulis Pramono.

Kabar itu pun sudah sampai ke telinga Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Menurut pria yang karib disapa Ahok itu, kelahiran cucu pertama ini menjadi sebuah anugerah bagi Jokowi.

"Saya rasa buat orang Jawa dan turunan Tionghoa itu dapat anak cowok itu suatu hal yang baik. Mereka suka. Saya kira itu, kalau orang-orang Tionghoa bilang, ini hoki bangetlah, dapat cucu pertama langsung lahirnya laki gitu kan," kata Ahok di Balai Kota Jakarta.

Orang terdekat Jokowi di Istana, Johan Budi SP juga berharap, agar cucu Jokowi menjadi anak yang sehat dan menjadi kebanggaan orangtua dan keluarganya.

"Tentu ini sebuah kabar gembira. Dan saya m‎engucapkan selamat atas kelahiran putra pertama Gibran, cucu pertama Pak Presiden. Kita ‎mendoakan agar kelak di kemudian hari bisa menjadi manusia yang dibanggakan oleh ayah bundanya, juga oleh bangsa," ucap Johan di Istana Kepresidenan.


Presiden Jokowi saat memberikan pidato di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (2/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) juga ikut menyampaikan selamat kepada Gibran dan pasanganya, serta Jokowi, yang menjadi kakek untuk pertama kalinya. Ia menganggap Jokowi akan menjadi kakek yang bahagia, karena dikarunia seorang cucu pertama laki-laki.

"Bapak Jokowi hari ini menjadi kakek yang bahagia dengan cucu pertamanya. Semoga menjadi harapan terbaik keluarga," ucap menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah pun menyambut kabar bahagia tersebut dengan doa.

"Selamat atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa dikaruniai cucu pertama Presiden Jokowi. Semoga akan menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa, serta menjadi anak yang soleh," ujar Basarah kepada Liputan6.com, Kamis (10/3/2016).

Ketua Alumni GMNI itu merasa yakin dengan kelahiran cucu pertama itu, akan membawa berkah dan keberhasilan bagi Jokowi.

"Kelahiran cucu pertama tersebut Insyaallah akan membawa berkah dan keberhasilan lahir batin, bagi kepemimpinan Presiden Jokowi dalam menahkodai kapal NKRI menuju pulau Masyarakat Pancasila dengan haluan politik Trisakti," tandas Basarah.

Gibran dan Selvi memberi nama putranya, Jan Ethes Srinarendra. Nama Jan artinya sangat sekali, Ethes bermakna cekatan, sedangkan Srinarendra memiliki arti pemimpin yang cerdas.

"Yang kasih nama bapaknya dong. Meski pun bapak (Jokowi) juga memberikan masukan. Akhirnya dipilih yang terbaik ya itu," ucap Gibran.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya