Tampar Wartawan, Kepala Protokol Kerajaan Saudi Dipecat

Cuplikan video saat protokoler Kerajaan Saudi menampar jurnalis foto itu tersebar luas lewat internet di Arab Saudi. Menuai komentar pedas.

oleh Liputan6 diperbarui 06 Mei 2015, 11:32 WIB
Pertemuan Raja Salman dari Arab Saudi dengan Raja Mohammed VI dari Maroko. (BBC)

Liputan6.com, Riyadh - Gara-gara tertangkap basah sedang menampar jurnalis foto yang sedang meliput acara resmi kenegaraan kunjungan Raja Maroko, Mohammed VI di ibukota Riyadh, seorang kepala protokol kerajaan dipecat. Raja Salman dari Arab Saudi mengambil langkah tersebut, setelah mengetahui aksinya yang terekam dalam kamera.

"Kepala protokol itu, Mohammed Al-Tobaishi, terlihat sedang memutar tubuhnya lalu menampar seorang wartawan foto. Ketika kedua raja sedang memberi salam dengan mencium pipi masing-masing saat penyambutan di bandara," demikian diberitakan BBC, Rabu (6/5/2015).

Cuplikan video itu sempat tersebar luas lewat internet di Arab Saudi. Menuai banyak komentar 'pedas', sehingga mendesak agar ada tindakan untuk menghukum Al-Tobaishi.

Mengetahui hal itu, Raja Salman pun merespons secepatnya dengan memecat Al-Tobaishi. Langkah itu semakin menekankan kesan sikap tegas, yang ingin disampaikannya dalam beberapa bulan pertama sejak ia memegang tampuk kekuasaan.

Raja Salman diangkat menjadi raja di Arab Saudi pada bulan Januari lalu, menggantikan Raja Abdullah yang meninggal dunia karena infeksi paru-paru. Ia merupakan saudara dari almarhum Raja Abdullah dan pemerintahannya dianggap memunculkan generasi baru dalam pemerintahan negara kerajaan itu. (Mut)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya