Kota Sukabumi Deklarasi Menentang Pengaruh ISIS

Gunakan label Islam, ISIS ditolak karena dituding mengancam kerukunan umat beragama dan keutuhan NKRI.

oleh Liputan6 diperbarui 10 Agu 2014, 06:19 WIB
Kampanye menolak keberadaan ISIS terus gencar dilakukan diberbagai daerah, pemerintah pun menggandeng Organisasi Kemasyarakatan dan keagamaan untuk memabntu memberikan pemahaman Islam.

Liputan6.com, Sukabumi - Kampanye menentang pengaruh gerakan Islamic State of Iraq or Syria atau ISIS terus digencarkan di berbagai daerah di Indonesia. Di Sukabumi, Jawa Barat, ratusan pendidik, jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Sukabumi dan sejumlah ormas mendeklarasikan penolakan terhadap gerakan ISIS.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (10/8/2014), meski menggunakan label Islam, ISIS ditolak karena dituding mengancam kerukunan umat beragama dan keutuhan NKRI.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sukabumi mengajak masyarakat tidak terjebak dalam kegiatan yang mengajarkan kekerasan. Pencegahan pengaruh ISIS dilakukan kalangan pondok pesantren dengan pemberian pemahaman tentang Islam sejati kepada para santri.

Demikian pula di Pondok Pesantren Manbaul A'laa Purwodadi, Jawa Tengah. Deklarasi ini dianggap penting agar santri tidak salah memahami ajaran Islam yang cinta kasih dan pondok pesantren juga makin selektif dalam penerimaan santri baru.

Sementara di Maluku, MUI mengeluarkan larangan bagi warga untuk mendukung dan mengikuti gerakan ISIS. Lewat masjid-masjid, MUI akan menjelaskan hal-hal terkait ISIS, sehingga warga memahami gerakan di Irak dan Suriah itu.

Belakangan ada indikasi ISIS mulai masuk ke Ambon. Ditemukan atribut dan lambang ISIS pada malam takbiran lalu. Lambang ISIS juga ditemukan pada beberapa titik di Kota  Ambon.

Polisi setempat meminta warga segera melapor jika mendapat informasi atau mengetahui hal-hal mencurigakan terkait dengan keberadaan ISIS. (Ado)

Baca juga:

Pantau ISIS, Panglima TNI: Kalau Mereka Macam-macam Kami Sikat

Terduga Teroris Jatiasih Juga Terlibat Penyebaran Paham ISIS

AS Kirim Bantuan Makanan Sambil Gempur ISIS Lewat Udara

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya