Sukses

Gempa Mengguncang Palu

Sedikitnya delapan unit ruko dan sebuah masjid ambruk menyusul gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter di Kota Palu, Sulteng. Sebagian besar warga yang tinggal dekat pantai mengungsi lantaran khawatir Tsunami.

Liputan6.com, Palu: Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (24/1), sekitar pukul 04.00 WITA. Pusat gempa diperkirakan berada 16 kilometer sebelah Tenggara Kota Palu. Sedikitnya delapan unit rumah dan toko serta sebuah masjid di ibu kota Sulteng itu ambruk menyusul gempa. Sedangkan korban jiwa hingga kini belum dapat diketahui.

Berdasarkan pemantauan SCTV, gempa juga mengakibatkan puluhan ribu warga berhamburan keluar rumah. Bahkan, sebagian besar warga yang tinggal dekat pantai mengungsi ke gunung. Alasannya, guncangan gempa terjadi beberapa kali sehingga khawatir terjadi Tsunami seperti di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara. Itulah sebabnya, personel kepolisian setempat dikerahkan untuk menenangkan warga akan bencana alam tersebut.

Aliran listrik dan telepon di Palu juga sempat terputus selama satu jam. Pemerintah Kota Palu belum mengambil langkah konkret. Baru tadi pagi, sejumlah unit kendaraan pemadam kebakaran sudah disiagakan.

Kekhawatiran warga akan Tsunami memang bukan tanpa alasan. Pasalnya, Tsunami yang menerjang Aceh dan Sumut juga sebelumnya didahului dengan gempa bumi berkekuatan 8,5 skala Richter. Setelah itu, baru gelombang air laut yang besar menerjang masuk ke dalam kota di sejumlah wilayah di Aceh dan Sumut [baca: Gempa Mengguncang NAD].(ORS/Syamsuddin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini