Sukses

Catat, Jadwal Lengkap dan Tema Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024

Debat capres dan cawapres 2024 akan segera digelar mulai dari Selasa, 12 Desember 2023. Berikut adalah jadwal lengkap dan tema Debat Capres-Cawapres 2024.

Liputan6.com, Bandung - sebanyak tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akan segera melangsungkan debat perdananya pada Selasa (12/12/2023). Acara debat capres-cawapres tersebut merupakan rangkaian proses menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya telah menetapkan tanggal debat capres dan cawapres. Diketahui acara debat tersebut akan dilaksanakan sebanyak lima kali mulai dari Desember 2023 hingga Februari 2024.

Melansir dari jadwal acara, debat pertama akan berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2023. Komisioner KPU RI August Mellaz menyampaikan untuk jamnya akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

“Rencananya dijadwal akan dimulai jam 19.00 WIB. Kalau penyiaran prime time,” katanya di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Sementara itu, untuk lokasi debat capres dan cawapres tersebut untuk saat ini akan dilaksanakan di Jakarta. KPU juga sempat mempertimbangkan untuk menggelar acara debat di lokasi lain namun akan ada masalah mobilisasi.

“Ada kemungkinan rencananya di Jakarta semua,” ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari pada Rabu (29/11/2023).

Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan acara debat capres-cawapres tersebut melalui saluran televisi dan radio yang menyiarkannya. Diketahui terdapat beberapa stasiun TV dan radio yang akan menyiarkan debat tersebut secara langsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Debat

Berikut ini adalah jadwal lengkap Debat Capres dan Cawapres Pilpres 2024:

  • Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023.
  • Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023.
  • Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024.
  • Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024.
  • Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024.
3 dari 3 halaman

Tema dan Format Debat

Sebelumnya Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa debat Pilpres 2024 terbagi menjadi tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. Adapun berikut ini adalah tema serta format debat capres dan cawapres 2024:

  • Tema debat pertama (Capres):

Pemerintahan, Hukum, HAM,Pemberantasan Korupsi,Penguatan Demokrasi,Peningkatan  Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

  • Tema debat kedua (Cawapres):

Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

  • Tema debat ketiga (Capres):

Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

  • Tema debat keempat (Cawapres):

Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

  • Tema debat Kelima (Capres):

Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.