Sukses

VIDEO: Jusuf Kalla Resmi Tutup PON 2016, Jabar Juara Umum

Penutupan PON ditandai penyerahan pataka bendera PON dari Gubernur Jabar ke Gubernur Papua.

Liputan6.com, Bandung - Tidak kalah dengan acara pembukaan, kemeriahan kembali mewarnai Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kamis malam, 29 September 2016. Pesta kembang api menjadi malam terakhir Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX, yang secara resmi ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (30/9/2017), hampir 30 ribu penonton, pihak panitia menyuguhkan tarian tradisional seluruh daerah yang dipadukan dengan videografi. Pagelaran bertajuk Harmoni Nusantara ini pun berlangsung cukup meriah.

Setelah berlangsung sekitar dua pekan dan diikuti 9000 lebih atlet dari 34 provinsi ini, Wapres Jusuf Kalla dalam pidatonya berharap, PON tidak hanya sekadar melahirkan atlet-atlet berprestasi, tapi bisa menjadi alat pemersatu bangsa.

Penutupan pekan olahraga ini juga ditandai dengan penyerahan pataka bendera PON dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan ke Gubernur Papua Lucas Enembe.

Papua akan menjadi penyelenggaraan PON pada tahun 2020 mendatang.

PON ke-XIX yang sempat diwarnai sejumlah protes dari sejumlah daerah, menempatkan tuan rumah Jawa Barat sebagai juara umum, diikuti DKI Jakarta dan Jawa Timur sebagai peringkat ketiga. (Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.