Sukses

VIDEO: Suka Cita Natal di Seluruh Dunia

Para warga Suriah berharap Natal tahun ini membawa kedamaian dan mengakhiri konflik yang memakan ribuan korban jiwa.

Liputan6.com, Cimahi - Ratusan umat Nasrani sejak Kamis 24 Desember 2015 malam hingga pagi tadi memadati Gereja St Ignasius di Baros, Cimahi, Jawa Barat. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat misa Natal, polisi memeriksa setiap jemaat yang akan masuk ke gereja.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (25/12/2015), di gereja Katolik yang dibangun pada tahun 1906 ini, ibadah berlangsung dengan khidmat.

Di luar negeri, 10.000 umat Katolik mengikuti misa malam Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan dipimpin Paus Fransiskus. Dalam khotbahnya, Paus mengkritisi maraknya gaya hidup konsumtif sehingga orang lupa untuk berbagi. Pemimpin tertinggi umat Katolik ini juga berpesan agar konflik kekerasan serta peperangan segera diakhiri.

Di Damaskus, Suriah, meskipun masih dilanda konflik, antusiasme ratusan umat Kristen merayakan malam Natal tidak berkurang. Usai misa malam Natal, ratusan jemaat turun ke jalan bernyanyi dan bermain musik serta membagikan hadiah kepada anak-anak.

Para warga berharap Natal ini membawa kedamaian dan mengakhiri konflik yang memakan ribuan korban jiwa.

Sementara di Kota Nazareth, Israel digelar karnaval perayaan Natal yang diikuti puluhan kelompok pemuda gereja. Ratusan warga memadati jalanan utama dan dihibur dengan atraksi drum band dan badut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.