Sukses

VIDEO: Nazar Kemenangan Zumi Zola, Warga Jambi Gunduli Kepala

Aksi menggunduli kepala ini sebagai simbol agar kepala daerah pilihannya bersih, transparan dan tidak korupsi.

Liputan6.com, Jambi - Pendukung pasangan calon gubernur Jambi, Zumi Zola dan Fahrori Umar langsung merayakan kemenangan pasangan ini, begitu sejumlah quick count mengumumkan hasil perhitungannya kemenangannya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (11/12/2015), para pendukung Zumi beramai-ramai mencukur rambut mereka hingga plontos sebagai nazar pendukung. Ini dilakukan sebagai simbol agar kepala daerah pilihannya bersih, transparan dan tidak korupsi jika nanti menjabat.

Hal serupa juga dilakukan pendukung dan relawan calon wali kota Magelang Sigit Widyonidito. Berpasangan dengan Windarti, perolehan suara calon wali kota incumbent ini jauh di atas 2 lawannya. Selain mencukur rambut, pendukung Sigit juga melakukan sujud syukur bersama-sama di posko kemenangan mereka.

Kemenangan calon kepala daerah dari kalangan artis dan incumbent sudah diprediksi Lembaga Survei Indonesia (LSI) dari sebelum Pilkada.

Para calon dianggap memiliki modal kuat baik finansial maupun ketokohan. Bahkan khusus artis muda seperti Zumi Zola maupun Sigit Purnomo atau Pasha Ungu, mereka mempunyai pemilih militan dari kalangan tertentu yang tidak dimiliki calon lain.

lsi mencatat 70 persen calon petahana dan artis menang di 21 wilayah yang menjadi lokasi survei mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.