Sukses

VIDEO: Quick Count LSI, 70 Persen Paslon Petahana Menang

LSI Denny JA menyatakan mayoritas calon dari petahana menang Pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Pilkada Serentak 2015 yang telah digelar kemarin berjalan lancar. Dari hasil rekapitulasi Lembaga Survei Indonesia atau LSI, menyatakan bahwa 70 persen calon dari petahana menang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (10/12/2015), penghitungan cepat di 21 wilayah mewakili Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan NTB yang dilakukan LSI Denny JA menyatakan, mayoritas calon dari petahana menang, baik bupati atau gubernur atau dan sisanya dimenangkan oleh artis dan politikus.

Dari 21 wilayah, 15 di antaranya daerah petahana atau keluarganya menang. Menurut peneliti LSI, sejumlah petahana yang menang karena masih dipercaya oleh masyarakat, untuk kembali memimpin serta mampu menguasai semua segmen pemilih dan lebih siap secara finansial.

Sementara itu, 2 daerah di antaranya dimenangkan oleh tokoh yang latar belakangnya selebriti yakni Zumi Zola di daerah Jambi dan Sigit Purnomo alias Pasha Ungu di wilayah Palu.

Hitung cepat ini menggunakan teknik penarikan sampel dan sampel sendiri tersebar secara proporsional, berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.