Sukses

Menteri Agama Lukman Hakim Minta Maaf Visa Haji Mandek

Menteri Agama menegaskan kondisi ini karena masalah teknis akibat perubahan sistem pengajuan visa pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin meminta maaf atas masih adanya ratusan calon jemaah haji yang hingga kini masih belum mendapat visa haji dari pemerintah Arab Saudi.

Menteri Agama menegaskan kondisi ini semata masalah teknis akibat perubahan sistem pengajuan visa pemerintah kerajaan Arab Saudi menjadi sistem komputerisasi terpadu yang memerlukan waktu penyempurnaan hingga berakibat pada kelambatan proses persetujuan visa haji.

"Sebuah alat yang menseleksi apakah data-data yang diinput itu sudah sesuai dengan ketentuan atau belum. Itu sistem yang bekerja, jadi terkadang ada 1 atau 2 dokumen yang tertolak secara sistem. Dan kalau itu yang terjadi, maka proses input harus dilakukan dari awal lagi," jelas Menteri Agama Lukman Hakim seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (27/8/2015).

Menag Lukman Hakim mengungkapkan masalah ini semata-mata disebabkan persoalan teknis yang memerlukan waktu yang cukup dan kecermatan mereka yang bertindak sebagai operator. (Mar/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini