Sukses

Harga Daging Sapi Jelang Lebaran Naik Jadi Rp 130 Ribu per Kilo

Harga daging sebelumnya berkisar Rp 90 ribu per kilo, hari ini naik mencapai Rp 130 ribu per kilo. Namun pembeli tetap ramai.

Liputan6.com, Bekasi - Menjelang Lebaran harga daging sapi naik secara signifikan. Di Pasar Pondok Gede, Bekasi, harga daging yang sebelumnya berkisar Rp 90 ribu per kilo, hari ini harganya naik mencapai Rp 130 ribu rupiah per kilo. Namun begitu pembeli tetap ramai.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (13/7/2015), padagang bernama Mat Hari misalnya, pagi tadi sudah memotong tiga ekor sapi karena permintan konsumen yang meningkat. Jumlah ini lebih banyak dari hari sebelumnya. Menurut hari kenaikan, harga ini diprediksi akan terus berlangsung hingga Kamis 16 Juli mendatang.

Tingginya permintaan daging seringkali dimanfaatkan oleh pedagang nakal. Untuk memantau kualitas daging yang beredar di pasar, Dinas Kelautan dan Peternakan Kota Tegal, Jawa Tengah melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional.

Dari pemeriksaan di sejumlah tempat penjualan daging di pasar pagi Kota Tegal, petugas menemukan lima kilogram hati sapi yang mengandung cacing hati dari seorang pedagang. Petugas pun langsung menyita hati sapi yang terpapar cacing hati, agar tidak dikonsumsi masyarakat.

Masyarakat diminta hati-hati dalam memilih daging. Hati sapi yang mengandung cacing hati biasanya terdapat bintik-bintik putih pada permukaan. Meskipun cacing akan mati jika dimasak, tetapi hati sapi yang mengandung cacing hati bisa menyebarkan racun.

Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Karanganyar, Jawa Tengah juga melakukan razia daging di sejumlah pasar tradisional. Hasilnya ditemukan daging ayam yang hampir membusuk tetapi masih dijual pedagang. Daging-daging ayam itupun disita petugas.

Kepada pedagang nakal ini petugas hanya memberi teguran. Namun sanksi tegas akan diberikan jika pedagang kembali menjual daging tak layak konsumsi. (Dan/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.