Sukses

Roti Somun, Sajian Khas Ramadan dari Bosnia

Roti somun dibuat dari tepung, air hangat, dan garam sebagai penyedap. Di bulan Ramadan, roti somun diberi tambahan taburan lada hitam.

Liputan6.com, Bosnia - Tibanya Ramadan memang dinantikan oleh seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia, tentunya dengan berbagai santapan khas masing-masing negara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (24/6/2015), salah satunya adalah di Bosnia. Warga Bosnia memiliki santapan khas untuk sahur dan berbuka puasa, yaitu roti somun.

Meskipun sering dibuat sehari-hari, roti somun untuk bulan Ramadan agak sedikit berbeda. Roti somun dibuat dari tepung, air hangat, dan garam sebagai penyedap. Khusus di bulan Ramadan, roti somun diberi tambahan taburan lada hitam.

Roti somun dipanggang selama 10 menit. Wangi dari lada hitam akan memberikan aroma khas yang menggiurkan. Roti somun lebih nikmat disantap selagi hangat saat berbuka puasa atau pun sahur. Menjadi santapan favorit bagi warga Bosnia.

Sementara itu, di Bali juga ada sajian makanan yang hanya tersedia saat bulan Ramadan yaitu sate susu. Sesuai namanya sate susu ini bahan dasarnya adalah puting-puting susu sapi. Bagian susu sapi dipotong-potong berbentuk dadu kemudian direbus lalu dibumbui.

Bumbu sate ini berbeda dengan sate ayam atau kambing yang menggunakan saos kacang dan kecap, sate susu ini memakai bumbu yang berasal dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Rempah-rempah yang dipakai sebagai bumbunya adalah kencur, cabai merah, cabai rawit dan  bawang putih. (Vra/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.