Sukses

Hati-hati, Flappy Bird Palsu Gentayangan Sebar Malware

Ditariknya Flappy Bird dari toko Android dan iOS membuka peluang bagi scammer (penjahat cyber) untuk mencari keuntungan.

Bagi Anda penggemar game Flappy Bird, berhati-hatilah jika menemukan aplikasi game tersebut di toko aplikasi Android. Ditariknya Flappy Bird dari toko Android dan iOS membuka peluang bagi scammer (penjahat cyber) untuk mencari keuntungan.

Perusahaan keamanan Sophos telah menemukan keberadaan aplikasi game palsu yang menyamar sebagai Flappy Bird di toko aplikasi Android. Jika diinstal, maka secara otomatis perangkat mobile Anda akan mengirim pesan teks ke nomor premium. Akibatnya tagihan telepon korban akan membengkak.

Senada dengan Sophos, perusahaan keamanan Trend Micro juga menemukan aplikasi game Flappy Bird palsu di Google Play Store.
Aplikasi ini sengaja dibuat mirip aslinya agar pengguna terjebak untuk menginstalnya. Flappy Bird palsu ini rupanya berisi perangkat lunak berbahaya alias malware.

Aplikasi palsu Flappy Bird ini akan meminta permission dari ponsel user untuk membaca/mengirim pesan teks ke nomor premium saat diinstal. Padahal di versi aslinya permission seperti ini tidak ada. Aplikasi palsu ini banyak ditemukan di toko Android di Rusia dan negara asal Dong Nguyen yaitu Vietnam.

"Terlepas dari penyalahgunaan layanan premium, aplikasi ini juga menimbulkan risiko kebocoran informasi bagi korbannya karena mengirimkan nomor telepon, operator serta alamat Gmail yang terdaftar pada perangkat," jelas Trend Micro.

Sekedar mengingatkan, game Flappy Bird sudah resmi ditarik dari peredaran oleh penciptanya, Dong Nguyen. Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, ia mengatakan game itu dihapus karena ia merasa stres. Ia tak suka orang-orang jadi ketagihan dengan gamenya.

"Flappy Bird dirancang untuk dimainkan dalam beberapa menit ketika Anda sedang santai. Tapi yang terjadi game ini menjadi game yang adiktif. Saya pikir itu jadi masalah. Untuk mengatasi masalah itu, cara terbaik menarik Flappy Bird. Ini untuk selamanya," jelasnya.

Pasca FLappy Bird ditarik, game-game kloningan sejenis ikut naik pamor dan nge-hits di daftar puncak app store. Di antaranya, Ironpants, Clumsy Bird, Flappy Fish, Flappy Octopus dan Flappy Angry Bird.


Baca juga:
6 Game Alternatif Pengganti Flappy Bird
Penggemar Marah, Pencipta Flappy Bird Diancam Dibunuh
5 Alasan Game Flappy Bird Ditarik dari Peredaran
Flappy Bird Sudah Tak Bisa Di-download, Permainan Berakhir
Flappy Bird Versi Kloningan Nongol di Windows Phone
Mendadak Populer, Flappy Bird Cuma Beruntung Saja!
Ini Alasan Kenapa Game Flappy Bird Begitu Populer


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini