Sukses

Dua Alasan iOS Jauh Lebih Baik Dibandingkan Android

Meski begitu, CEO Apple Tim Cook menyadari di sejumlah pasar angka penjualan produknya masih kalah oleh perangkat berbasis Android.

Tak dapat dipungkiri jika Android saat ini merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak diadopsi di dunia. Meski begitu, CEO Apple Tim Cook menyatakan bahwa sistem operasi mobile besutan perusahaannya, iOS, memiliki kualitas yang masih jauh lebih baik dibandingkan Android.

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal, Cook menyatakan bahwa ada dua hal yang membuat iOS lebih unggul dibanding Android. Yang pertama adalah sektor aplikasi.

Menurut Cook saat ini platform iOS memiliki lebih dari satu juta aplikasi untuk iPhone dan sekitar 500 ribu aplikasi yang diperuntukkan bagi iPad. Keunggulan iOS jelas terlihat di segmen ekosistem aplikasi bagi perangkat jenis tablet. Seperti diketahui, untuk sementara Android hanya memiliki kurang lebih seribu aplikasi yang dioptimalisasi untuk perangkat jenis tablet.

"Itu adalah salah satu alasan, dari banyak alasan lainnya yang meyebabkan pengalaman menggunakan tablet Android begitu tidak menyenangkan," ungkap Cook seperti yang dilansir laman Business Insider.

Selain urusan ekosistem aplikasi, Cook juga menilai Android dikembangkan dengan konsep yang terlalu luas dan tak terarah. Hal ini berbeda dengan sistem operasi seperti Windows yang memiliki fokus khusus terhadap satu segmen keunggulan.

"Yang membuat Windows unggul adalah fokusnya terhadap satu hal. Berbeda dengan Android yang dapat dianalogikan seperti benua 'Eropa'. Eropa adalah sebuah nama wilayah dengan banyak negara, bukan satu negara. Android tidak memiliki fokus, mengurusui terlalu banyak hal. Berapa banyak pengguna tablet Kindle yang sadar bahwa perangkat mereka menggunakan Android? Dan kita bisa melihat apa yang dilakukan Samsung, mereka menempatkan terlalu banyak software khusus pada platform Android," jelas Cook.

Meski begitu, Cook menyadari jika di sejumlah pasar angka penjualan produknya dikalahkan oleh jajaran perangkat berbasis Android. Akan tetapi Cook tetap optimis jika suatu saat Apple akan menjadi yang nomor satu di dunia.

"Apakah kami (Apple) ingin menjadi nomor satu di semua pasar? Saya sarankan Anda lebih baik percaya hal itu mungkin terjadi,” kata Cook.

Baca juga:
Apple Siapkan Produk Kategori Baru Yang Inovatif
Apple Klaim Cetak Rekor Penjualan iPad Tertinggi Sepanjang Massa
CEO Apple: iPhone 5C Mengecewakan
Penjualan iPhone di Bawah Target, Saham Apple Merosot 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.