Sukses

Bocoran Pertemuan Jokowi dengan CEO Apple Tim Cook

Menkominfo Budi Arie Setiadi, membeberkan hasil pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4) pagi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, membeberkan hasil pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4) pagi.

Kata Budie Arie, Presiden Jokowi meminta Apple Inc. untuk meningkatkan kontribusi Indonesia dalam pasar global Apple, dan ternyata pihak Apple menyambut baik hal tersebut.

"Tadi pertemuan berlangsung selama hampir 1 jam dan sudah disepakati beberapa hal penting termasuk bagaimana Indonesia terus memberikan kontribusi bagi bukan hanya pasar tapi juga bagaimana Indonesia masuk ke dalam peran penting global supply chain industri teknologi," kata Budi Arie saat ditemui di Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Menkominfo menjelaskan, saat ini dari 360 komponen di smartphone (iPhone), Apple hanya menggunakan dua komponen yang dibuat di Indonesia. Padahal di Vietnam, Apple menggunakan 72 komponen untuk iPhone.

"Ada 360 komponen handphone misalnya, cuma 2 yang dibuat Indonesia dibandingkan Vietnam 72 komponen. Jadi, presiden juga sampaikan supaya meminta Apple untuk meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain. dan Apple menyambut baik," ujarnya.

Impor Apple Indonesia

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam setahun Indonesia mengimpor USD 2 miliar produk Apple. Oleh karena itu, Presiden melihat peluang tersebut agar TKDN produk Apple di dalam negeri lebih meningkat.

"Jadi, harus juga ada bagaimana kita bukan hanya pasar tapi juga menjadi bagian dari global supply chain. Kami harap pertemuan ini juga bisa memberi optimisme kita sebagai warga masyarakat Indonesia, bahwa Indonesia dilihat dunia," pungkas Menkominfo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apple Investasikan Rp 1,6 Triliun untuk Program Apple Developer Academy di Indonesia

 Apple menggelontorkan investasi sebesar Rp 1,6 triliun di Indonesia. Investasi tersebut bukan dalam bentuk pabrik atau Apple Store, melainkan untuk melatih para pengembang iOS di Indonesia.

Program pelatihan yang dimaksud bernama Apple Developer Academy. Terbaru, dalam lawatan ke Indonesia, CEO Apple Tim Cook, meresmikan Apple Developer Academy Indonesia di Bali.

Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya Apple membuka akademi pelatihan untuk para pengembang. Perusahaan ini pertama kali membuka Apple Developer Academy di Indonesia pada 2018 yang bertempat di Jakarta.

Selanjutnya, Apple juga membuka akademi yang sama di Surabaya dan Batam. Melalui program Apple Developer Academy, Apple bakal melatih pengembang, pelajar, dan pengusaha dalam mengembangkan aplikasi untuk iOS.

Program Apple Developer Academy yang sudah ada di Surabaya, Batam, dan Jakarta sendiri telah diikuti oleh lebih dari 2.000 calon pengembang.

Diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, untuk program Apple Developer Academy di Indonesia, investasi Apple Rp 1,6 triliun.

"Rp 1,2 triliun untuk tiga akademi (Apple Developer Academy di Jakarta, Surabaya, dan Batam). Kalau ditambah satu lagi di Bali, jari Rp 1,6 triliun," kata Menkominfo Budi Arie dalam konferensi pers di kantor Kominfo usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu dengan Bos Apple Tim Cook.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini