Sukses

Gawat, di Negara ini Ada 16 Juta Akun Email Yang Dihack

Setidaknya ada sekitar 16 juta alamat email, username, dan password yang telah berhasil diretas.

Pemerintah Jerman baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menemukan malware yang tidak hanya menyerang alamat email tetapi juga password.

Kantor Federal Informasi Keamanan Jerman melaporkan, setidaknya ada sekitar 16 juta alamat email, username, dan password yang telah berhasil diretas. Namun sayangnya, detil mengenai informasi penemuan ini tidak dijelaskan secara gamblang.

Pasalnya penyelidikan ini masih dalam tahap awal sehingga Kantor Federal Informasi Keamanan Jerman belum merilis informasi tambahan apapun tentang siapa yang bertanggung jawab, atau berapa lama serangan itu akan berlangsung.

Mengutip laman Zdnet, Rabu (22/1/2014), pencurian itu ditemukan melalui program komunikasi `Botnet` yang berhasil mengumpulkan serangan berbahaya. Serangan itu diduga dapat digunakan para hacker untuk mengumpukan informasi pengguna atau mengirim spam.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah Jerman telah membuat sebuah website, di mana warganya dapat memeriksa apakah akun email mereka telah dihack atau tidak. Di website tersebut pemilik akun email yang bersangkutan dapat mengetik alamat email mereka dan kemudian akan menerima nomor PIN empat digit.

Jika alamat email mereka telah diganggu, pemilik akun email terseut akan menerima email dengan nomor PIN yang sama. Meskipun Kantor Federal Informasi Keamanan Jerman memiliki daftar 16 juta alamat email yang telah erinfeksi, namun menurut undang-undang setempat, mereka tidak dapat menghubungi para pengguna secara langsung tanpa izin tertulis.

Kantor Federal Informasi Keamanan Jerman menyarankan agar pemilik akun email yang telah dihack untuk mengubah semua password mereka - termasuk password media sosial, toko online, akun email dan layanan online lainnya serta memastikan apakah komputer mereka sudah terbebas dari malware dan virus atau belum. (isk)

Baca juga:
Remaja 17 Tahun Berhasil Retas 70 Juta Kartu Kredit
Lebih Dari 750.000 Spam Ternyata Berasal Dari Kulkas dan TV!
Kena Hack, Sejumlah Pengguna Path Terima `Pesan Sampah`
Diserang Hacker, Snapchat Siapkan Update Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.