Sukses

6 Smartphone Android Terbaik Tahun Ini

Berikut enam pilihan smartphone Android terbaik dari brand-brand besar seperti Google, Motorola, Sony dan Samsung.

Ada banyak perangkat pintar berbasis Android yang diluncurkan di pasar gadget dalam beberapa bulan terakhir ini. Beberapa di antaranya hadir dengan layar yang lebih besar.

Nah, apakah Anda berencana menggantikan smartphone lama Anda dengan smartphone baru Android? Berikut enam pilihan smartphone Android terbaik dari brand-brand besar seperti Google, Motorola, Sony dan Samsung.

Smartphone-smartphone ini memang dikategorikan sebagai smartphone high-end karena spesifikasi yang ditawarkan memang tinggi. Apa saja? Simak di sini.
1. Google Nexus 5

Jika Anda sudah tak sabar ingin mencicipi sistem operasi Android terbaru, Android 4.4 KitKat, Nexus 5 mungkin bisa jadi pilihan pertama. Layaknya seri Nexus generasi terdahulu, Nexus 5 dirancang dengan desain yang minim tombol di bagian depan.

Sebuah logo Nexus serta LG dapat ditemui di bagian belakang. Google menyiapkan Nexus 5 sebagai pesaing utama bagi Samsung Galaxy S4 dan HTC One.

Sistem operasi: Android 4.4 KitKat
Prosesor: quad-core Qualcomm Snapdragon 800 dengan clocking 2,3 GHz
RAM 2 GB
Layar 1920 x 1080 piksel seluas 4,95 inci
Corning Gorilla Glass 3
Kamera belakang 8 MP
Kamera depan 1,3 MP
Penyimpanan internal 16/32GB
2. Samsung Galaxy Note 3

Galaxy Note 3 dilengkapi spesifikasi yang mumpuni. Generasi ketiga phablet Samsung ini hadir dengan layar lebih besar, desain lebih ramping dan bezel yang lebih tipis.

Galaxy Note 3 memang dibekali prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 2,3 GHz dengan RAM 3 GB. Samsung menyebut phablet terbarunya ini merupakan perangkat pertama yang dibekali RAM sebesar itu.

Sistem operasi: Jelly Bean (Android 4.3)
Prosesor: quad-core Snapdragon 800 2,3 GHz 
Layar: 5,7 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel
RAM 3 GB
Stylus
Kamera belakang 13 MP
Kamera depan 2 MP
Konektivitas: 4G LTE, NFC
Penyimpanan internal 32/64 GB
Slot microSD card
3. HTC One

HTC One bersaing dengan smartphone kelas atas lainnya, seperti Apple iPhone 5, LG Optimus G, dan Samsung Galaxy S4. HTC One hadir dalam desain elegan dengan layar 4,7 inci dan dibalut bahan aluminium.

HTC juga menggunakan kamera dengan teknologi tercanggih ultrapixel. Meskipun kamera HTC One hanya 4 MP, tetapi kualitas foto yang dihasilkan setara 12 MP hingga 13 MP.

Sistem operasi: Jelly Bean (Android 4.2) dendgan user interface HTC Sense
Prosesor: quad-core Qualcomm Snapdragon 600 1,7 GHz 
Layar: 4,7 inci Super LCD, Full HD, high-pixel-density (468ppi) display
Kamera belakang 4 MP
Kamera depan 2,1 MP
Penyimpanan internal 32/64 GB

4. Samsung Galaxy S4

Smartphone ini merupakan penerus Galaxy S3 dan dibekali sejumlah fitur-fitur baru yang canggih dengan spesifikasi tinggi. Galaxy S4 hadir dalam layar 5 inci dan resolusi 1080 piksel.

Layar Galaxy S4 diperkuat oleh kaca terbaru dari Corning, Gorilla Glass 3. Galaxy S4 dibenamkan dua jenis prosesor berkekuatan 8-core, yaitu Samsung Exynos 5 1,6 GHz atau Qualcomm Snapdragon 600 1,9 GHz (tergantung wilayah) sehingga proses yang dijalankan di smartphone ini lebih cepat dari handset lain yang masih menggunakan quad-core.

Kamera di Galaxy S4 bisa mengambil 100 foto dalam empat detik secara berurutan. Fitur lain yang menarik adalah "Sound and Shot", yang memungkinkan pengguna bisa merekam suara selama lima detik sebelum menjepret foto.

Ponsel ini juga ramah lingkungan. Galaxy S4 telah mengantongi Platinum Certification dari Underwriters Laboratory. Kotak Samsung Galaxy S4 terbuat dari 100% kertas daur ulang. Buku panduan dan manual Galaxy S4 juga dicetak dengan menggunakan tinta yang terbuat dari kedelai.

Sistem operasi: Jelly Bean (Android 4.2.2)
Prosesor: quad-core Qualcomm Snapdragon 600 1,9 GHz (di beberapa pasar menggunakan octa-core 1,6 GHz)
Layar: 5 inci Super AMOLED dengan high-pixel-density 441ppi
Kameran belakang 13 MP
Kamera depan 2 MP
Penyimpanan internal 16/32/64 GB
Slot microSD

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman


5. Sony Xperia Z Ultra

Xperia Z Ultra sengaja dibuat untuk masuk ke pasar phablet dengan layar berukuran 6,4 inci dengan TFT Triluminos display beresolusi 1080 piksel. Layar ini dilengkapi dengan kemampuan menulis dan menggambar dengan pensil, stylus maupun pena tertentu.

Dapur pacunya diisi dengan CPU Snapdragon 800 quad-core berkekuatan 2,2 Ghz buatan Qualcomm. RAM sekuat 2 GB dibenamkan pada handset ini untuk mendukung kinerja tinggi.

3 dari 4 halaman

Ponsel pintar bongsor dari Jepang ini akan mulai tersedia di pasar smartphone Indonesia mulai kuartal ketiga 2013. Phablet ini dibanderol sekitar Rp 7,499 juta. Salah satu fitur andalan phablet (smartphone tablet) ini adalah anti-air. 

Sistem operasi: Jelly Bean (Android 4.2)
Prosesor: quad-core Snapdragon 800 2,2 GHz 
Layar: 6,4 inci TFT 1920 x 1080 piksel
Kamera belakang 8 MP
Kamera depan 2 MP dengan HD video capture
Penyimpanan internal 16 GB
Kompatibel dengan jam tangan pintar Sony SmartWatch 2
Slot microSD


6. Motorola Moto X

Moto X merupakan smartphone pertama Motorola yang diproduksi di Amerika Serikat. Ini adalah perangkat pertama yang dirancang dari awal sejak diakuisisi Google.

Moto X hadir dengan spesifikasi kelas menengah namun mengusung sejumlah fitur cerdas baru. Smartphone ini dibekali layar OLED display 4,7 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel.

Desain Moto X juga sengaja dibuat agak melengkung, karena menurut Motorola telapak tangan kita tidak rata. Salah satu fitur yang diunggulkan adalah touchless control. Fitur ini memungkinkan Anda mengontrol Moto X dari jauh tanpa harus menyentuhnya. Cukup bilang: "OK Google", selanjut Anda dapat melakukan panggilan, mengecek lokasi hanya dengan perintah.

Ponsel ini menggunakan nano-SIM card, dan sudah mendukung LTE, NFC, Bluetooth 4.0 + EDR dan Wi-Fi 802.11ac. Baterai Moto X dapat bertahan hingga 24 jam, atau 13 jam waktu bicara, berbekal baterai berukuran 2.200 mAh.

Sistem operasi: Jelly Bean (Android 4.2.2)
Prosesor: Motorola X8 computing system, yang terdiri dari Qualcomm Snapdragon S4 Pro dual-core 1,7 GHz, quad-core Adreno 320 GPU, dan dua low-power prosesor
Layar: 4,7 inci AMOLED HD 720 piksel
Kamera belakang 10 MP
Kamera depan 2 MP
Penyimpanan internal 16/32 GB
NFC, Wireless charging

4 dari 4 halaman


(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.