Sukses

4 Kunci Sukses Bangun Startup dari Bos Bubble Motion

co-Founder Bubble Motion Inc., Tom Clayton, membagi tips dan kunci sukses menjalankan perusahaannya dari startup hingga bisa tumbuh besar.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pendiri sekaligus bos dari sebuah perusahaan baru tentu tidak mudah. Tom Clayton, co-Founder Bubble Motion Inc. yang ditemui tim Tekno Liputan6.com temui di acara Startup Asia Jakarta 2013 berbagi beberapa kunci suksesnya menjalankan perusahaannya yang juga berawal dari startup hingga bisatumbuh besar.

Setidaknya ada 4 kunci sukses yang diungkap Tom di tengah acara Startup Asia Jakarta 2013 di Gedung Bapindo, Jakarta. Berikut ini kunci sukses ala Tom jika ingin sukses membangun startup.

Inovatif

Inovasi merupakan nafas bagi sebuah perusahaan yang baru berkembang. Pemimpin maupun pendiri dari startup dituntut untuk tetap inovatif dan kreatif agar bisa berkembang dengan pesat dan mendapat perhatian dari banyak orang.

Kuat

Kuat terhadap segala cobaan jadi bagian penting yang diungkap oleh Tom. Masa awal merupakan bagian tersulit dari mendirikan sebuah perusahaan. Berbagai masalah mungkin saja muncul di masa ini. Pemimpin dituntut untuk kuat dalam menghadapi cobaan dan masalah itu agar perusahaannya tetap bisa berjalan.

Berjiwa Pemimpin

Ia menyarankan pemimpin startup harus memiliki karakter kepemimimpinan yang baik. Founder harus tetap tenang menghadapi masalah yang ada dan membuat timnya berada dalam suasana kondusif. Jiwa tenang pemimpin dalam berbagai situasi diperlukan agar perusahaan bisa berjalan terus dengan aman dan terus membesar.

Jangan Sombong

Sombong jadi masalah utama yang mungkin menggoda manusia yang menuju berhasil. Kesombongan disebutkan Tom sebagai musuh yang harus diperangi. "Jangan selalu lihat ke atas, tapi jangan juga lihat ke bawah," tandas Tom. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini