Sukses

Lima Siswa Akan Wakili Indonesia di Ajang Internasional

Mereka membuat aplikasi bernama UNLOCK! itu dirancang agar pengguna dapat membuka rumah dan kendaraan tanpa menggunakan kunci.

BlackBerry bekerjasama dengan lembaga edukasi Prestasi Junior Indonesia menggelar acara inkubasi untuk para siswa di Jabodetabek. Ajang tersebut dinamai Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Innovation Camp.

Di ajang ini terdapat pula kompetisi yang dilakukan oleh BlackBerry dan Prestasi Junior. Para pemenang ini akan mewakili Indonesia di babak final yang diselenggarakan secara online pada bulan Desember 2013 mendatang.

Anggota dari tim yang menang dan mewakili Indonesia antara lain Karina Sarah Kusumadewi (Binus International School Serpong), Muhamad Enrinal Zulhiman (SMKN 26 Jakarta), Farenanda Satria Fairuzzabadi (SMA Plus Pembangunan Jaya), Shin Won Seob (Raffles International Christian School), Radhityana Muhammad (SMAI Al-Azhar Kelapa Gading).

Mereka mengusulkan rangkaian kunci digital atau digital keychain sebagai aplikasi mobile. Aplikasi bernama UNLOCK! itu dirancang agar memungkinkan penggunanya membuka rumah dan kendaraan tanpa menggunakan kunci.

Aplikasi ini bekerja dengan iris scanner melalui ponsel pintar dengan tingkat keamanan maksimal untuk data yang tersimpan di dalam setiap perangkat. Unlock! akan dilengkapi pula dengan fitur yang membuat pengguna bisa membuka kunci dari jarak jauh.

"STEM Innovation Camp adalah kesempatan luar biasa untuk berkolaborasi dan menyelesaikan tantangan baru bersama. Kerjasama jadi faktor penting untuk berinovasi secara efektif," kata Won Seob, salah satu perwakilan dari tim pemenang dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com.

STEM Innovation Camp disebutkan sebagai inisiatif ini dibuat oleh BlackBerry dan berkolaborasi dengan JA-YE Europe agar mendukung para siswa berusia 15-18 tahun yang ingin mengembangkan karir di area STEM.

Ajang ini membantu para siswa untuk menumbuhkan kemampuan praktek berbisnis dan mengadopsi pola pikir kewirausahaan. Acara ini diharapkan dapat mendukung para generasi muda untuk mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah dalam waktu yang ditentukan. 

BlackBerry STEM Innovation Camp diadakan pada tanggal 21 Oktober hingga 30 November 2013 di seluruh dunia. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.