Sukses

4 Teknologi yang Bakal Punah, Apa Saja?

Teknologi berkembang dengan sangat cepat. Satu dekade lalu, kehadiran ponsel berlayar kecil yang dapat menampilkan nama penelepon di layar dianggap sebagai inovasi yang besar. Tapi sekarang, teknologi ponsel jauh lebih berkembang dengan beragam fitur inovatif.

PC desktop yang dulunya dianggap barang mewah bahkan sekarang mulai punah. Tren perangkat PC kini sudah bergeser ke arah tablet ataupun notebook ultrathin. Ini wajar karena dunia teknologi terus berevolusi.

Namun beberapa teknologi yang masih kita gunakan saat ini diprediksi tidak akan lama lagi akan punah karena tak lagi dibutuhkan atau dipakai banyak orang. Berikut kami rangkumkan yang dikutip dari beberapa sumber.
2 dari 5 halaman


1. Sistem operasi Windows

Sistem operasi Windows bagaimanapun merupakan platform PC yang paling banyak digunakan di dunia selama hampir dua dekade. Namun saat anak-anak yang lahir di jaman sekarang sudah tumbuh dewasa, OS Windows perlahan akan punah atau setidaknya tidak akan seperti sekarang.

Microsoft memang telah berencana sistem operasi Windows versi lama dan menggantinya dengan sistem operasi Windows yang lebih baru dengan membuat tampilan Metro UI sebagai default screen di Windows 8.
3 dari 5 halaman


2. Hard Drives

Dulu awalnya kaset digunakan untuk menyimpan data. Kemudian muncul disket dan IDE (Integrated Drive Electronics) hard drive kecil. Nah, PC generasi terbaru diprediksi akan dilengkapi sebuah zip drive dan kaset untuk backup di dalamnya.

Praktek kuno menyimpan data pada piringan magnetik berputar nantinya akan hilang. Kehadiran Solid State Drives (SSD) yang jauh lebih cepat daripada hard drive dan juga lebih tahan lama akan mematikan fungsi hard drive. Meskipun harganya lebih mahal, namun dalam beberapa tahun ke depan SSD diperkirakan akan ada dimana-mana, sama seperti ponsel.
4 dari 5 halaman


3. Bioskop

Ada ramalan yang menyebutkan bioskop akan punah sejak munculnya teknologi televisi. Ramalan itu tampaknya akan terjadi. Televisi HD kini sudah menjadi mainstream, apalagi perlengkapan 3D makin terjangkau. Atas dasar itulah memiliki home theater sendiri dianggap lebih menguntungkan sebagai alat hiburan.

Apalagi rumah produksi dan mitra TV kabel ada yang merilis beberapa film baru untuk dilihat secara on-demand pada hari yang sama saat debut film tersebut di bioskop. Menonton film di rumah sudah menjadi sebuah tren. Penonton tak perlu lagi bermacet-macet ria di jalan dan mengeluarkan uang untuk menonton film. Semua teknologi tersebut dan teknologi baru lainnya nanti diperkirakan akan menjadikan bioskop segera ditinggalkan.
5 dari 5 halaman


4. Mouse dan Remote Control

Meskipun touch pad dan mouse belum akan langsung punah, secara bertahap perangkat tersebut akan memudar. Fungsi remote controlĀ akan tergantikan fungsinya oleh smartphone. Smartphone kelak akan dilengkapi fitur untuk mengontrol televisi atau dengan kombinasi gerak tubuh dan perintah suara untuk mengubah channel siaran TV. Demikian pula dengan fungsi mouse.

(dew)