Sukses

Fokus Kembangkan Android, HTC Berencana Stop Produksi WP8

HTC pesimis bisa mendominasi pasar Windows Phone 8, untuk itu perusahaan asal Taiwan ini akan fokus mengembangkan smartphone Android.

Pertumbuhan yang tidak sepesat Android, menjadikan sejumlah mitra OEM (Original Equipment Manufacturer) merasa kewalahan mengadopsi sistem operasi Windows Phone 8. Selain Nokia yang secara eksklusif menggunakan OS Windows Phone 8, nama-nama besar seperti Samsung, HTC dan Huawei merupakan mitra Microsoft lainnya.

Bedanya ketiga vendor tersebut membagi fokus perusahaan dengan memproduksi handset berplatform Android. Proposi pertumbuhan Windows Phone 8 yang hingga kini masih sebesar 9 persen menjadikan HTC pesimis memproduksi ponsel dengan platform besutan Microsoft tersebut.

Peningkatan penjualan global perangkat Windows Phone 8 memang meningkat 5,6 persen dibandingkan tahun lalu. Namun, HTC disebutkan tidak melihat peluang yang cukup menjanjikan dari kehadiran smartphone Windows Phone 8 besutannya.

Ekosistem Windows Phone 8 yang hingga kini masih didominasi oleh Nokia sebesar 80 persen. Sementara Samsung di posisi kedua produsen Windows Phone 8 menjadikan HTC pesimis bisa mendominasi pasar smartphone WP8. Demikian dilansir laman Phone Arena, Rabu (14/8/2013).

Sebuah sumber menyebut jika perusahaan asal Taiwan tersebut akan fokus mengembangkan smartphone Android. Mengingat hingga kini HTC masuk dalam peringkat lima besar produsen Android yang layak diperhitungkan. (vin/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.