Sukses

18,9 Persen Situs Web Dunia Gunakan WordPress

Mullenweg menyatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 66 persen situs web berbahasa Inggris yang memanfaatkan layanan blog WordPress.

Meskipun dikenal sebagai layanan blog, tapi WordPress memiliki peran penting dalam industri internet di seluruh dunia. Setelah bertransformasi menjadi web engine dan tak lagi identik dengan penyedia layanan blog, WordPress memperlihatkan dominasinya.

Bos WordPress Matt Mullenweg mengklaim bahwa sekitar 18,9 persen ekosistem situs web yang ada di dunia saat ini berjalan di atas platform WordPress. Platform penerbitan konten atau Content Management System (CMS) blog yang telah beroperasi sejak tahun 2003 silam ini memang diakui telah menjadi alternatif utama para pengguna internet untuk mempublikasikan berbagai jenis karya dan hasil kerja mereka.

Dilansir laman The Next Web, Senin (29/7/2013), pada acara konferensi WordCamp 2013 yang berlangsung di San Fransisco Minggu (28/7/2013) kemarin, Mullenweg menyatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 66 persen situs web berbahasa Inggris yang memanfaatkan layanan blog WordPress.

Selain itu, ia pun mengklaim dalam kurun waktu enam bulan pertama di tahun 2013 ini laman WordPress telah dikunjungi sebanyak 4 miliar kali. Angka tersebut pun turut mendongkrak keuntungan Automattic selaku perusahaan induk dari WordPress hingga mencapai US$ 50 juta untuk kuartal pertama dan kedua tahun 2013.

Salah satu pemicu keberhasilan yang diraih WordPress kali ini diyakini Mullenweg berkat kerja keras mereka menghadirkan aplikasi WordPress di platform perangkat mobile. Sebab, menurut data yang dimiliki Automattic, sekitar 18 persen pengguna WordPress saat ini mengakses layanan via tablet Android, 30 persen dari smartphone Android, dan sekitar 31 persen dari perangkat iOS. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.