Sukses

6 Tips Memilih Modem USB Sesuai Kebutuhan

Banyak di antara kita yang memiliki kegiatan dengan mobilitas tinggi lebih memilih untuk terkoneksi dengan internet menggunakan perangkat modem USB. Dengan dimensinya yang mungil, modem USB menjadi teman yang sangat serasi bagi laptop Anda selama melakukan kegiatan sehari-hari.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli sebuah modem USB. Salah satu yang paling penting diingat adalah, modem USB memanfaatkan jaringan operator baik GSM maupun CDMA untuk terkoneksi di internet. Saat ini telah banyak pilihan operator serta pilihan jaringan frekuensi internet yang dapat Anda gunakan.

Berikut ini adalah enam (6) tips memilih modem USB dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Tentukan operator penyedia jasa internet sesuai dengan lokasi Anda

Hampir seluruh operator seluler di Indonesia telah menyediakan jasa layanan internet dengan media modem USB. Namun, untuk menentukan mana yang akan Anda pilih, ada baiknya Anda memilih operator yang memiliki kualitas sinyak bagus di daerah tempat Anda biasa menggunakan modem USB tersebut. Jikas sampai salah pilih, Anda akan dirugikan karena koneksi internet akan barjalan lambat dan tidak stabil.

2. Pilih merek ternama jauh lebih aman

Mungkin ini merupakan hal yang sangat relatif, karena masing-masing orang memiliki pilihan tersendiri. Namun, di pasaran saat ini telah terdapat sejumlah vendor yang memang dikenal sebagai penghasil produk modem USB berkualitas. Saran kami, daripada harus 'berjudi' dengan memilih produk dengan merek belum terkenal, lebih baik pilih yang sudah dikenal. Selain itu, umumnya sebuah brand besar memiliki layanan konsumen yang jauh lebih baik.

3. Pilih modem USB seusai dengan operator pilihan Anda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, modem USB terbagi menjadi dua jenis yakni GSM dan CDMA. Jika Anda sebelumnya memilih operator dari GSM maka sudah pasti Anda harus membeli modem GSM. Jika memilih operator CDMA, pastikan Anda juga membeli modem khususnya CDMA. Saat ini keduanya telah banyak tersedia di pasaran.

4. Pilih modem USB yang telah mendukung jaringan sinyal terkuat

Banyak operator penyedia layanan internet kini berlomba-lomba untuk menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi. Salah satu usaha yang merelakukan adalah dengan meningkatkan jaringan sinyal koneksi mulai dari GPRS, 3G, 3.5G, atau bahkan 4G. Sayangnya tidak semua modem support dengan kecepatan tersebut. Jadi pastikan Anda memilih modem keluaran terbaru yang telah support dengan koneksi tercepat.

5. Carilah modem USB dengan proses instalasi mudah

Saat ini rata-rata modem USB dihadirkan dengan proses instalasi mudah, tanpa driver yang harus di-instal-kan melalui disc terpisah lebih dulu.

6. Sesuaikan modem USB dengan sistem operasi

Pada setiap produk modem USB pastinya diberikan keterangan tentang kompabilitas sistem operasi. Beruntung bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows XP ataupun Windows 7 karena hampir seluruh produk modem USB yang beredar di pasaran kompatibel dengan OS besutan Microsoft tersebut. Namun bagi Anda pengguna sistem operasi di luar Windows seperti Mac OS X, Linux maupun Unix harus lebih diperhatikan lagi dalam memilih modem. (dhi/dew)