Sukses

Latih Strategi Anda Sebagai Pelatih Sepakbola Melalui Game Ini

Jika Anda mengira menjadi pelatih dan manager tim sepakbola itu mudah, cobalah game You're The Boss: Become The Ultimate Football Manager.

Barangkali Anda pernah frustasi ketika menonton tim sepakbola kesayangan Anda bermain. Lalu bertanya-tanya mengapa justru Abate yang masuk menggantikan Balzaretti saat Italia kalah dari Spanyol. Dan mengapa pelatih timnas Portugal menginstruksikan Christiano Ronaldo sebagai penendang terakhir di Semi Final Euro 2012 yang akhirnya berujung kekalahan.

Jika Anda mengira menjadi pelatih sekaligus manager tim sepak bola itu mudah, maka Anda harus mencoba permainan yang satu ini. Melalui game berjudul You're The Boss: Become The Ultimate Football Manager ini, taktik dan strategi yang Anda miliki akan dilatih.

Fitur-fitur yang ditawarkan dalam permainan ini tak kalah lengkapnya jika dibandingkan dengan game-game komersil yang ada. Bedanya game ini gratis dan Anda tidak perlu mempertimbangkan detail spesifikasi PC untuk dapat memainkan game ini. Yang dibutuhkan hanya browser, koneksi internet, dan sedikit kesabaran tentu saja.

Kesabaran? Ya, Anda tidak dapat mempercepat waktu seperti permainan-permainan sejenis lainnya. Jika tim Anda dijadwalkan bermain jam 8 malam, maka Anda benar-benar harus menunggu hingga jam 8 malam. Game online yang dikembangkan oleh Neopoly ini dapat ditemui di laman resmi UEFA.

Meskipun nama-nama para pemain di permainan You're The Boss ini fiktif, namun tantangan untuk menjadi pelatih jawara menjadi daya tarik utamanya.

Melalui game ini, Anda dapat memulai karir sebagai manager sekaligus pelatih sebuah klub papan bawah di Liga Grassroots III. Jangan harap klub awal Anda mempunyai keuangan sesehat Chelsea, Real Madrid atau PSG. Di sini Anda harus berjuang dengan klub dengan dana yang terbatas dan pemain dengan skill 'alakadarnya'.

Namun dengan keterbatasan ini Anda harus membawa klub besutan Anda, hari demi hari, untuk melewati setiap pertandingan. Tujuannya tentu saja adalah memuncaki klasemen liga yang berarti promosi ke divisi Liga Grassroots II, Liga Grasroot I dan seterusnya hingga yang tertinggi, Liga Champions I.

Sebagai pelatih Anda akan disibukkan oleh tugas sehari-hari seperti menentukan formasi tim, tipe latihan, perekrutan pemain baru, hingga mengurusi menu makan siang pemain Anda setiap harinya. Setiap harinya akan ada pertandingan yang harus dimainkan. Intinya, persiapan tim yang baik membuat peluang Anda semakin besar untuk meraih kemenangan.

Tidak cukup sampai di situ, kemampuan managerial Anda pun akan diuji untuk urusan seperti pencarian sponsor tim yang tepat, perluasan stadion, perpanjangan kontrak pemain. Sekali lagi, bagian ini tidak dapat disepelekan begitu saja. Jika Anda sembarangan memilih opsi perluasan stadion, bisa-bisa neraca keuangan Anda yang akan tekor. Atau jika harga tiket masuk stadion Anda terlalu tinggi, bersiap-siaplah stadion Anda sepi penonton.

Dari sisi grafis, tampilan game jenis strategi ini dikemas cukup baik dengan ilustrasi-ilustrasi bergaya kartun. Pada game ini, Anda yang menentukan segalanya. Anda diberi kesempatan untuk membawa klub menuju sukses, atau justru terpuruk di jurang degradasi dengan hutang menumpuk. Tertarik mencoba?

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini