Sukses

Cara Nonton Google I/O 2024: Bakal Ungkap Android 15, AI, dan Kejutan Lain?

Google I/O 2024 kembali hadir dengan sederet pengumuman menarik, termasuk Android 15, integrasi AI yang lebih dalam, dan kemungkinan Pixel baru. Ikuti beritanya di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Google telah mengumumkan akan menggelar event pengembang tahunan mereka, yakni Google I/O 2024.

Rencananya, Google I/O 2024 akan digelar pada 14 Mei jam 10 pagi waktu setempat atau 15 Mei dini hari WIB di kanal YouTube Google.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, raksasa mesin pencari ini selalu mengungkap sejumlah informasi terkini tentang rencana Google di 2024 hingga mendatang.

"Temukan bagaimana kami memajukan misi kami untuk mengatur informasi dunia, dan membuatnya bisa diakses dan berguna secara universal," kata Google.

Belum diketahui apa saja yang akan diumumkan nanti malam, namun sejumlah bocoran Google I/O 2024 sudah beredar di internet.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal yang akan tampil di Google I/O 2024.

Android 15: Fitur Baru dan Integrasi AI yang Lebih Baik

Setiap tahunnya, Google selalu mengungkap sejumlah fitur baru apa saja yang akan hadir di OS perangkat mereka.

Karena itu, dapat dipastikan Google akan mengungkap sejumlah fitur yang akan hadir di OS baru mereka, yakni Android 15.

Sejumlah bocoran tentang fitur baru Android 15, termasuk kirim pesan lewat satelit, widget baru--untuk tablet, dan desain bar status lebih ciamik.

Tak hanya, beberapa pihak meyakini Google juga akan memperkenalkan fitur di mana pengguna dapat menyimpan data dan apps dari orang lain bernama Private Space.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AI Cerdas di Inti Segalanya

<p>Google Gemini: Chatbot AI Canggih Pengganti Bard, Kini Tersedia di Android dan iOS! (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Dapat dipastikan Google I/O malam ini akan mengumumkan hal baru tentang Gemini, di mana perusahaan akan mengintegrasikan lebih lanjut AI mereka di Search, Chrome, Maps, dan G Suite.

Kejutan Pixel?

Google membuat kejutan dengan tiba-tiba meluncurkan Pixel 8a, bertepatan dengan debut iPad Air dan iPad Pro baru di acara Apple 'Let Loose'. Padahal, banyak pihak yakini perusahaan akan memperkenalkan perangkat barunya ini di I/O.

Berhubung sudah lebih awal diumumkan, apakah Pixel 9 akan menjadi perangkat pengganti yang akan diumumkan dini hari ini? Atau perusahaan akan mengungkap informasi tentang Pixel Fold?

Diketahui, bocoran informasi tentang kedua HP Android ini sudah beredar di internet sejak awal tahun ini. Namun, sedikit terlalu awal untuk Pixel 9 series diumumkan.

Namun untuk lini Fold, hal tersebut ada kemungkinan terjadi. Mengingat tahun lalu Google merilis Pixel Fold di I/O tahun lalu.

3 dari 4 halaman

Bukan Pixel Fold 2, Google Pakai Nama Ini untuk HP Android Layar Lipat Baru

<p>Google Pixel Fold resmi diungkap jelang ajang Google I/O 2023. (Doc: Google)</p>

Di sisi lain, Google Pixel Fold memang tidak sepopuler ponsel layar lipat merek lainnya, seperti Samsung, Oppo, atau Huawei.

Meski begitu, Google Pixel Fold pun dirilis dan menjadi ponsel layar lipat milik raksasa mesin pencari tersebut.

Alhasil, wajar bila perusahaan merilis lini penerusnya Pixel Fold 2. Namun laporan terkini menyebutkan, Google tidak akan menggunakan nama tersebut untuk ponsel layar lipatnya.

Mengutip Android Authority, Rabu (17/4/2024), Google diyakini akan menggunakan nama Pixel 9 Pro Fold untuk HP layar lipat barunya tersebut.

Tak hanya itu, besar kemungkinan Pixel 9 Pro Fold akan debut di ajang peluncuran pada Oktober tahun ini ketimbang Google I/O 2024 pada bulan Mei.

Bila memang benar, Google tidak hanya merilis dua smartphone seperti sebelumnya, tetapi akan memperkenalkan empat ponsel.

Adapun keempat ponsel tersebut, antara lain Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold.

Walau Pixel 9 dan Pixel 9 Pro XL adalah seri penerus Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, model Pixel 9 Pro disebutkan bakal tampil dengan ukuran lebih kecil.

Meski mirip dengan varian standar, Pixel 9 Pro akan dilengkapi dengan hardware lebih tinggi, termasuk chipset Tensor G4.  

4 dari 4 halaman

Fitur Circle to Search Sambangi Pengguna Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

<p>Cek Spesifikasi dan Harga Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang Baru Dirilis. (Doc: Google)</p>

Di samping itu, fitur Circle to Search dilaporkan sudah mulai digulirkan untuk pengguna perangkat Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Seperti diketahui, fitur ini merupakan kolaborasi antara Samsung dan Google.

Seperti namanya, fitur Circle to Search memungkinkan pengguna untuk mencari informasi mengenai gambar atau teks secara otomatis. Pengguna cukup melingkari atau mencoret objek yang tampil di layar, lalu informasi seputar objek tersebut akan ditampilkan langsung di layar.

Setelah hadir di seri Samsung Galaxy S24, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (4/2/2024), fitur ini kini sudah mulai menyambangi Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Sebelumnya, Google memang menyebut kalau fitur ini akan digulirkan ke pengguna Pixel mulai 31 Januari 2024.

Berdasarkan laporan sejumlah pengguna, kehadiran fitur ini dilakukan langsung melalui server. Karenanya, pengguna Pixel 8 dan Pixel 8 Pro tidak perlu melakukan update aplikasi atau firmware untuk bisa merasakan fitur ini.

Pengguna juga disebut tidak akan menerima notifikasi apabila fitur ini sudah bisa diakses. Untuk itu, pengguna harus langsung menjajal fitur ini untuk mengetahui apakah Circle to Search sudah hadir di perangkat mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini