Sukses

4 Fitur Baru di Instagram Stories dan Reels, Bikin Konten Tambah Asyik

Instagram tambahkan empat fitur baru yang bikin pengalaman bermain Instagram makin seru. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memberikan pengalaman baru, Instagram hadirkan serangkaian fitur baru untuk Stories dan Reels.

Baru-baru ini, Instagram menambahkan fitur Add Yours Music dan Reveal pada Jumat lalu. Add Yours Music akan memberikan sentuhan berbeda ketika pengguna membagikan musik favorit.

Sementara, fitur Reveal dapat menyembunyikan Stories yang kamu unggah, dan teman kamu yang melihat Stories kamu bisa meminta untuk melihat apa yang kamu unggah.

Tak hanya itu, terdapat fitur baru yang dihadirkan oleh Instagram, yakni Frames. Frames merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah foto dengan menggunakan template polaroid digital.

Tak lupa, aplikasi buatan Meta itu juga meluncurkan fitur Cutouts. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat stiker dari foto yang tersimpan dan membagikannya di aplikasi Instagram.

Selain menghadirkan fitur baru, Instagram juga mengumumkan perubahan baru pada algoritma untuk rekomendasi konten pada 30 April. Pembaruan tersebut memprioritaskan kreator kecil dan kreator konten original sesuai selera pengguna.

Selain untuk mendukung kreator kecil, pembaruan ini dimaksudkan agar akun reuploader atau akun yang membagikan ulang konten bukan milik mereka tidak dapat muncul di beranda maupun Reels.

Contohnya, Instagram akan mengurangi jumlah konten meme yang hanya mem-posting video ataupun screenshot komentar yang sedang viral di beranda pengguna.

Dikutip dari CNET, Minggu(5/5/2024), Instagram akan menandai konten asli dengan label baru dan akan meyebarkan unggahan tersebut di halaman Explore ataupun Reels. Dengan begitu, pengguna akan lebih banyak disuguhi konten original dari pengunggah asli, bukan konten yang diunggah ulang oleh reuploader.

Dengan serangkaian fitur dan kebijakan baru, Instagram akan memberikan pengalaman baru dalam bersosial media. Untuk mengetahui cara menggunakan fitur tersebut, simak artikel ini sampai habis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Fitur Add Yours Music

Add Yours Music memungkinkan kamu untuk membagikan lagu apa pun untuk menjawab ataupun merespon Instagram Stories teman kamu yang menggunakan stiker ini.

Sebagai contoh, teman kamu mengunggah stiker Add Yours Music yang meminta kamu untuk membagikan lagu Korea kesukaaan kamu. Kamu bisa ketuk stiker tersebut dan cari lagu Korea favorit kamu agar teman kamu tahu lagu Korea yang kamu suka.

Untuk menggunakan stiker Add Yours Music, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Instagram dan geser ke kiri untuk membuat Instagram Stories.
  2. Jepret foto atau pilih foto dari galeri. Foto yang kamu unggah akan menjadi latar belakang yang ditambahkan ke template sehingga siapapun bisa menggunakannya.
  3. Setelah memilih foto yang diinginkan, ketuk logo Sticky Notes yang terdapat gambar Smiley di menu atas.
  4. Klik Add Yours Music.
  5. Ketuk Add Music.
  6. Cari dan pilih lagu yang ingin diunggah.
  7. Klik Done.
  8. Ubah ukuran stiker Add Yours Music sesuai keinginan.
  9. Unggah Story kamu.

Teks, ikon, atau elemen lain apa pun yang kamu tambahkan ke Stories kamu juga akan menjadi bagian dari template.

Sebagai contoh, setiap orang yang mengetuk stiker Add Yours Music akan membagikan foto dan text yang terpampang di Stories, bersamaan dengan lagu pilihan mereka.

Untuk merespon Stories orang lain yang menggunakan stiker Add Yours, kamu bisa melakukannya dengan ketuk stiker tersebut di Stories mereka.

3 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Instagram Reveals

Reveals merupakan fitur baru yang dapat memburamkan foto di Stories kamu. Stories kamu akan dapat dilihat oleh orang lain jika mereka men-DM kamu meminta untuk melihat Stories kamu.

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti cara berikut:

  1. Buka Instagram dan Swipe ke kiri untuk membuat Stories baru.
  2. Pilih foto yang ingin kamu unggah, sekaligus disembunyikan dengan fitur Reveal.
  3. Ketuk logo Sticky Notes yang terdapat gambar Smiley di sisi atas menu.
  4. Ketuk Reveal.
  5. Ketuk pesan kamu, pesan yang kamu buat adalah hal yang hanya dapat dilihat oleh pengikut kamu.
  6. Klik Done.
  7. Setelah Stories diunggah, klik Preview di pojok kiri bawah untuk melihat pengikut kamu yang ingin melihat Stories kamu.
  8. Ubah ukuran dan sesuaikan sesuai kebutuhan, lalu bagikan ke Stories kamu.

Jika kamu ingin melihat Stories teman kamu yang disembunyikan dengan fitur ini, cukup klik "Message to reveal" untuk melihat Stories tersebut.

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Cutout Stickers di Instagram

Cutouts sticker adalah fitur yang memungkinkan kamu membuat stiker dari gambar yang tersimpan di smartphone kamu, lalu stiker yang kamu buat dapat ditambahkan ke Reels ataupun Instagram Stories.

Untuk membuat stiker dengan fitur ini, caranya cukup mudah. Berikut caranya:

  1. Buka Instagram dan Swipe ke kiri untuk membuat Stories baru.
  2. Pilih gambar latar belakang kamu.
  3. Ketuk ikon Sticky Notes yang terdapat gambar Smiley di sisi atas menu.
  4. Klik Cutouts.
  5. Pilih gambar yang ingin kamu gunakan. Stiker akan dibuat secara otomatis. Jika kamu tidak menyukai stiker yang dibuat Instagram, ketuk Select Manually untuk menyorot area yang ingin dijadikan stiker.
  6. Ketuk Create sticker untuk menyelesaikan stiker yang telah dibuat.
  7. Tambahkan stiker ke Story atau kamu bisa gunakan stiker itu untuk nanti, stiker yang telah dibuat akan disimpan di menu Cutouts sebelah menu Stickers.
5 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Frames di Instagram Stories

Buat Polaroid digital di Stories Instagram kamu menggunakan fitur Polaroid, ini cara membuatnya:

  1. Buka Instagram dan Swipe ke kiri untuk membuat Stories baru.
  2. Pilih gambar latar belakang kamu.
  3. Ketuk ikon Sticky Notes yang terdapat gambar Smiley di sisi atas menu.
  4. Klik Frames.
  5. Pilih foto yang kamu ingin jadikan stiker Polaroid.
  6. Tambahkan Caption
  7. Ketuk Done.
  8. Pindahkan dan atur ulang ukuran stiker sesuai keinginan.
  9. Share unggahan tersebut ke Stories Instagram kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.