Sukses

XL Axiata: Trafik Internet Bakal Naik 20 Persen selama Libur Lebaran 2024

XL Axiata memprediksi bahwa selama libur Lebaran nanti, penggunaan layanan XL Axiata (internet) akan meningkat sekitar 10% - 20% dibandingkan hari-hari biasa.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mempersiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal menjelang Ramadan dan Lebaran 2024, sebagai antisipasi lonjakan penggunaan data selama libur Lebaran.

Perusahaan mengklaim telah melakukan uji coba jaringan di jalur utama pulang kampung di berbagai daerah, termasuk di Sumatera.

Manajemen XL Axiata memprediksi bahwa selama libur Lebaran nanti, penggunaan layanan XL Axiata (terutama internet) akan meningkat sekitar 10% - 20% dibandingkan hari-hari biasa.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa momen Lebaran selalu menjadi tantangan bagi operator telekomunikasi dan data karena penggunaan data selalu meningkat secara signifikan.

"Selain itu, tantangan lainnya adalah perpindahan lokasi dengan tingkat penggunaan data yang tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi wisata," ujar I Gede melalui keterangannya, Minggu (30/3/2024).

Oleh karena itu, ia menambahkan, selain meningkatkan kapasitas, XL Axiata juga harus memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat agar tidak terjadi penumpukan di lokasi dengan penggunaan data yang tinggi.

Gede menyebut peningkatan penggunaan data setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran, serta mengakses berbagai informasi dan hiburan.

Penggunaan data XL Axiata telah meningkat rata-rata 5% selama Ramadan dibandingkan hari-hari biasa. Selanjutnya, diprediksi penggunaan data akan terus meningkat mencapai 10% - 15% saat memasuki masa libur Lebaran, bahkan bisa mencapai 20% pada puncaknya.

Selain meningkatkan kapasitas, XL Axiata juga melakukan optimasi jaringan dengan memperhatikan pergerakan mobilitas masyarakat selama libur Lebaran.

Daerah-daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata menjadi perhatian khusus, terutama di Pulau Jawa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

XL Axiata juga telah menyiapkan sumber daya yang memadai, termasuk tim teknis yang siaga selama 24 jam, 7 hari seminggu, serta tim lapangan yang siap bergerak jika diperlukan.

Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di lokasi-lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

Melalui pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC), kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi juga terus dipantau dari kantor pusat XL Axiata.

Selain kesiapan jaringan dan tim teknis, XL Axiata juga menyiapkan tim untuk menangani layanan dan keluhan pelanggan. Layanan ini tersedia selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu melalui layanan call center dan layanan digital care.

Pelanggan juga dapat mengakses informasi dan mengajukan keluhan melalui layanan XL Center online, layanan call center, aplikasi myXL dan AXISnet, serta melalui kanal digital seperti email, Facebook, Instagram, dan Live Chat.

Selain itu, pelanggan juga dapat mengunjungi XL Center yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Di beberapa kota, XL Center juga akan tetap buka pada hari Lebaran kedua, terutama yang berlokasi di pusat perbelanjaan atau mal. Mulai hari ketiga Lebaran, layanan XL Center akan beroperasi seperti biasa.

 

3 dari 5 halaman

Menguatkan Jalinan Komunikasi di Rute Mudik Sumatera dan Jawa

XL Axiata memperkuat jaringan data 4G LTE di jalur mudik utama. Upaya peningkatan kualitas jaringan dilakukan secara rutin dengan penambahan BTS baru, jaringan fiber optik, dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan.

Hal ini bertujuan agar layanan dapat merata di area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Jalan Tol Trans Sumatera.

XL Axiata telah menginstal sekitar 59 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang - Lampung, salah satu ruas utama yang paling sibuk di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama saat Lebaran.

Baru-baru ini, terdapat penambahan sekitar 10 BTS 4G di wilayah Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan yang melintasi ruas tol tersebut.

Selain itu, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas di 195 BTS yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang.

Dalam dua tahun terakhir, terjadi peningkatan trafik sebesar 54% di Tol Palembang - Lampung dengan total panjang 373 km.

Selain di Jalan Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di beberapa ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya, termasuk ruas-ruas baru.

Dengan ini, XL Axiata berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan layanan agar dapat memberikan kualitas jaringan yang baik kepada pengguna di seluruh Indonesia.

4 dari 5 halaman

Penguatan Infrastruktur Jaringan

XL Axiata juga melakukan penguatan infrastruktur jaringan dengan optimisasi dan peningkatan kapasitas jaringan di sepanjang jalur utama di Pulau Jawa, baik tol maupun non tol, serta sepanjang jalur kereta.

Untuk memastikan pengalaman pelanggan yang optimal, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2-3 kali lipat lebih besar dari biasanya.

Tidak hanya itu, XL Axiata juga telah memasang lebih dari 2.800 BTS 4G di sepanjang Tol Trans Jawa yang memiliki panjang 979 km.

Pusat perbelanjaan, bandara, terminal, dan pelabuhan juga mendapatkan perhatian khusus dari XL Axiata.

Dengan lebih dari 57 juta pelanggan, XL Axiata telah membuktikan diri sebagai salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Perusahaan memiliki lebih dari 160 ribu BTS, sebagian besar merupakan BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km. 

5 dari 5 halaman

Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.